RIDA NANDA RESTA, NIM. 312019025 (2023) Pengaruh Media Cinematic terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312019025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA-1....pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
312019025_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (865kB) |
||
Text
312019025_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
||
Text
312019025_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
||
Text
312019025_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
312019025_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
||
Text
312019025_BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
||
Text
312019025_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
||
Text
312019025_Cover_sampai_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Resta, Rida Nanda. 2023. Pengaruh Media Cinematic terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Strata Satu (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (1) Drs. H. Refson, M.Pd. (II) Supriatini, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : media cinematic, teks eksposisi. Penelitian ini di latarbelakangi untuk meningkatkan minat keterampilan menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas x agar dapat berargumen dalam menulis teks eksposisi dengan menggunakan media cinematic yang telah peneliti berikan berdasarkan apa yang mereka lihat dari media yang sebelumnya diberikan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh media cinematic terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Populasi dalam peneliian ini sebanyak 62 peserta didik dari jumlah peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang dan sampel penelitan ini sebanyak 48 peserta didik, yang mana 24 peserta didik dari kelas kontrol dan 24 peserta didik dari kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah data tes, angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini Terdapat dua kelas yang diteliti yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Skor rata-rata tes awal yang diperoleh peserta didik kelas kontrol sebesar 49,55 dan tes akhir kelas kontrol sebesar 61,91. Sedangkan nilai rata-rata tes awal kelas ekspeimen skor rata-rata tes awal yang diperoleh peserta didik kelas ialah 59,70 dan hasil tes akhir pada kelas eksperimen ini skor rata-rata tes akhir yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen sebesar 69,79. Jadi nilai rata-rata kelas kontrol pada tes awal dan tes akhir ini yaitu 1179 dan tes akhir 1486, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen ialah skor tes awal yaitu 1084 dan tes akhir 1590. Peneliti menggunakan uji-t dengan signifikan 5% dan derajat kebebasan (N1 + n2 = 2) dengan kriteria Ha diterima jika t hitung = 6,3 Dan t tabel = 2,3 karena t hitung > t tabel sehingga Ha diterima. Maka dari itu peneliti memberikan saran pada guru bahasa indonesia agar memberikan pengajaran teks eksposisi menggunakaan media cinematic agar peserta didik lebih mudah memahami apa yang ingin mereka sampaikan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Drs. H. Refson., M.Pd 2. Supriatini, S.Pd., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | media cinematic, teks eksposisi. |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Sistem Penulisan dan Fonologi Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 05 Aug 2023 06:57 |
Last Modified: | 05 Aug 2023 06:57 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26103 |
Actions (login required)
View Item |