HEPI OKTA ARYANA, NIM. 622019061 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA PERILAKU ISLAMI PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 1 BETUNG KECAMATAN SEMENDAWAI BARAT KABUPATEN OKU TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622019061_ BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (676kB) | Preview |
|
Text
622019061_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
Text
622019061_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
Text
622019061_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
Text
622019061_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
Text
622019061_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
Text
622019061_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
||
Text
622019061_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Aryana, Hepi Okta. 2023. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Perilaku Islami Peserta Didik di SD Negeri 1 Betung Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Sri Yanti. (II) Ruskam Sua'idi Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar merupakan upaya yang dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang ajaran agama Islam dan nilai-nilainya agar menjadi pandangan dan sikap hidup seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku islami Peserta Didik di SD Negeri 1 Betung Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan mixed methods. Sumber data dari data primer dan data sekunder yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Selain itu teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara sedangkan teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Peran guru pendidikan agama Islam yaitu: adanya pembiasaan menanamkan nilai-nilai agama yaitu melaksanakan program wajib sholat dzuhur berjamaah kemudian adanya keteladanan: Guru pendidikan agama Islam juga harus jadi figur panutan peserta didik dengan mencontohkan hal-hal yang baik sopan dalam penampilan dan tutur kata misalnya berbicara dalam berperilaku, dan terus melakukan evaluasi terhadap peserta didik. Kedua, melakukan pendekatan terhadap peserta didik yang bermasalah, melaksanakan program wajib setiap hari yaitu tadarus Al-qur'an sebelum mulai pembelajaran dan sholat dzuhur berjamaah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Sri Yanti, S.Pd., M.Pd. 2. Drs. Ruskam Suaidi, M.H.I |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Islami |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 03 Jun 2023 00:39 |
Last Modified: | 03 Jun 2023 00:39 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25640 |
Actions (login required)
View Item |