Muhammad Luthfi, NIM. 622019022 (2023) Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di madrasah ibtidaiyah (MI) Al kautsar Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622019022_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
622019022_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
||
Text
622019022_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
||
Text
622019022_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
||
Text
622019022_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
||
Text
622019022_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
Text
622019022_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
||
Text
622019022_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
622019022_Cover_Sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Kautsar Palembang ” ini ditulis oleh Muhammad Luthfi 622019022, sebagai pembimbing skripsi I adalah Dr. Suroso, S.Ag M.Pd.I dan pembimbing skripsi adalah II Dr. Drs Abu Hanifah, M.Hum. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah : 1.Bagaimana gejala-gejala kesulitan belajar yang dihadapi siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Al-Kautsar? 2. Faktor-faktor apasaja yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Al-Kautsar? 3.Bagaimana langkah-langkah guru dalam mengatasi kesulitan belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Al-Kautsar?peneliti ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana gejala-gejala kesulitan belajar yang dihadapi siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Al-Kautsar?.untuk mengetahui Faktor-faktor apasaja yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Al-Kautsar?untuk Mengetahui Bagaimana langkah-langkah guru dalam mengatasi kesulitan belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Al-Kautsar? Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Adapun Teknik analisa data yang dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Gejala-gejala kesulitan belajar: a..Menunjukkan hasil belajar yang rendah(dibawah) rata-rata nilai. b. .Hasil yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan,. c. Lambat dalam melakukan dan mengerjakan tugas- tugas sesuai dengan waktu yang tersedia.d. Memiliki atau menunjukkan sikap-sikap yang kurang wajar, menentang, berpura-pura, masa bodoh, dan berdusta .e. Menunjukkan tingkah laku yang menyimpang, seperti membolos, datang terlambat, tidak mengerjakan tugas. Kedua, Faktor yang mempengaruhinya: a. faktor internal yaitu dari dalam diri siswa terbagi menjadi dua bagian yaitu pertama karena fisik meliputi : karena sakit, karena kurang sehat dan karena cacat tubuh. Kedua karena rohani meliputi : intelegensi, bakat, minat, dan motivasi b. faktor ekternal atau dari luar lingkunga meliputi: keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Ketiga, Langkah-langkah dalam mengatasi kesulitan belajar: Menggunakan cara mengulang dan menanyakan kembali pelajaran yang sudah dipelajari. Dan kemudian guru memberikan tugas kepada peserta didik agar mengerjakanya, dan juga guru akan memberikan ulangan berupa kuis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing :1. Dr. Suroso S.Ag. M.Pd.I 2. Dr. Drs Abu Hanifah M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Bustanul Athfal dan Madrasa Ibtidaiyah Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 26 May 2023 02:37 |
Last Modified: | 26 May 2023 02:37 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25492 |
Actions (login required)
View Item |