Putri Rizki Adinda, NIM. 622019023 (2023) Peran Orang Tua dalam Menanamkan Kemampuan Baca Al-Qur'an pada Anak Usia 8-15 Tahun di Kelurahan Mariana Banyuasin 1. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622019023_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.....pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
622019023_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
||
Text
622019023_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
Text
622019023_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
||
Text
622019023_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
Text
62201923_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
||
Text
622019023_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
622019023_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Pada Anak Usia 8-15 Tahun di Kelurahan Mariana Banyuasin 1.” ini ditulis oleh Putri Rizki Adinda, Nim : 622019023, sebagai Pembimbing I Dr. H. Suroso PR, S.Ag.,M.Pd.I dan Pembimbing II Dr. H. Sayid Habiburrahman, M.Pd.I tahun 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam menanamkan kemampuan baca Al-Qur’an pada anak usia 8-15 tahun, kiat-kiat orang tua dalam dalam menanamkan kemampuan baca Al-Qur’an pada anak usia 8-15 tahun dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan anak dalam baca Al-Qur’an di Kelurahan Mariana Banyuasin 1. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif melalui survey terhadap objek yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama Peran orang tua dalam menanamkan kemampuan baca Al-Qur’an pada anak sudah terlaksana dengan baik. Terbukti diantaranya orang tua memberikan pengarahan dan bimbingan, orang tua memberikan teladan yang baik, orang tua memberikan motivasi dan orang tua memberikan pengawasan. Kedua, kiat-kiat orang tua dalam menanamkan kemampuan baca Al-Qur’an pada anak sudah terlaksana dengan baik. Terbukti diantaranya orang tua mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak, orang tua memberikan penjelasan mengenai kewajiban baca Al-Qur’an, orang tua memberikan anak buku Iqro’ dan orang tua mengajak anak untuk belajar baca Al-Qur’an di TPA Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan anak dalam baca Al-Qur’an terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Yang termasuk faktor internal meliputi bakat, minat, motivasi, latihan dan pengulangan. sedangkan, yang termasuk faktor eksternal meliputi orang tua, guru, fasilitas, keadaan ekonomi dan lingkungan. Kata Kunci : Peran orang tua, anak, dan Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. H. Suroso PR, S.Ag.,M.Pd.I 2. Dr. H. Sayid Habiburrahman, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Peran orang tua, anak, dan Al-Qur’an. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 22 May 2023 00:53 |
Last Modified: | 22 May 2023 00:53 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25328 |
Actions (login required)
View Item |