MAR'ATUS SHOLIHAH, NIM. 622019071 (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA AL – QUR’AN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PUSPITA KECAMATAN AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622019071_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
622019071_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) |
||
Text
622019071_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
Text
622019071_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) |
||
Text
622019071_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
Text
622019071_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text
622019071_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
622019071_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Mar’atus Sholihah. Nim : 622019071. Judul : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Al – Qur’an Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Puspita Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Adapun permasalahan diantaranya sebagai berikut: (1) Bagaimana literasi membaca al-qur’an peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Puspita Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin (2)Apa faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan literasi membaca al-qur’an peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Puspita Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin (3) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan literasi membaca al-qur’an peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Puspita Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya sebagian siswa di SMA Puspita kurang minat untuk membaca al-qur’an mereka masih menganggap bahwa literasi itu membosankan, padahal literasi membaca memberikan dampak yang sangat baik bagi siswa diantarnya menambah wawasan dan pengetahuan. Sehingga dengan demikian guru pendidikan agama Islam harus mengupayakan hal tersebut. Adapun tujuan dalam penelitian adalah Untuk mengetahui bagaimana literasi membaca peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat serta Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Puspita Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dari data primer dan data sekunder yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Budaya literasi membaca al-qur’an di SMA Puspita Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin meningkat, karena siswa diwajibkan membaca Al-Qur’an dan Iqra, membaca materi pembelajaran terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai, berdiskusi mengenai materi yang dibahas dengan pola literasi membaca, merangkum atau meringkas materi pembelajaran, adanya keteladanan guru dalam mengupayakan literasi membaca dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Literasi Membaca Al-qur’an, Pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Ani Aryati, S.Ag., M.Pd.I 2. Dr. Drs. Abu Hanifah, M. Hum |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Literasi Membaca Al-qur’an, Pembelajaran PAI |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 15 May 2023 00:00 |
Last Modified: | 15 May 2023 00:00 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25165 |
Actions (login required)
View Item |