Rani Agustin, NIM. 622019042 (2023) KREATIVITAS GURU AL ISLAM DAN KE-MUHAMMADIYAHAN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622019042_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (783kB) | Preview |
|
Text
622019042_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
||
Text
622019042_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
Text
622019042_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
||
Text
622019042_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
Text
622019042_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
||
Text
622019042_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (806kB) |
||
Text
622019042_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Kreativitas guru Al Islam dan Ke-Muhammadiyahan dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMP Muhammadiyah 4 Palembang” ini ditulis oleh Rani Agustin, NIM: 622019042, sebagai pembimbing skripsi I adalah Dr. Rulitawati, S.Ag. M.Pd.I dan pembimbing skripsi II adalah Helyadi, S.H., M.H. Permasalahan yang diteliti yakni bagaimana kreativitas guru Al Islam dan Ke-Muhammadiyahan dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa, faktor pendukung dan penghambat serta upaya guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru Al Islam dan Ke-Muhammadiyahan, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung, serta upaya guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, kreativitas guru Al Islam dan Ke-Muhammadiyahan sudah cukup baik adapun bentuk kreativitasnya menggunakan media dan metode pembelajaran bervariasi yang dibuat sendiri oleh guru. Faktor penghambatnya ialah sarana dan prasarana yang kurang lengkap di sekolah dan faktor pendukungnya adalah kemampuan guru, buku-buku disekolah. Kemudian upaya guru dalam meningkatkan keaktifan belajar adalah dengan memotivasi siswa terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai. Kata kunci: Kreativitas guru, Al Islam dan Ke-Muhammadiyahan, aktif belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Rulitawati, S.Ag., M.Pd.I 2. Helyadi, S.H., M.H |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kreativitas guru, Al Islam dan Ke-Muhammadiyahan, aktif belajar. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 12 May 2023 01:04 |
Last Modified: | 12 May 2023 01:04 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25102 |
Actions (login required)
View Item |