MIFTAHUL JANAH, 312018050 (2023) Penerapan Model Proyek Respons Kreatif Sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Menulis Poster Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah palembang.
|
Text
312018050_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (534kB) | Preview |
|
Text
312018050_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
Text
312018050_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
Text
312018050_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
||
Text
312018050_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
Text
312018050_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
Text
312018050_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
Text
Bagi 312018050_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
312018050_Cover_Sampai_Lampiran-1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Janah, Miftahul. 2022. Penerapan Model Respons Kreatif Sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Menulis Poster Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (s1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (I)Dra. Mulyati, M.Pd dan (II) Dr. Houtman,M.Pd. Kata Kunci : penerapan, model Respons Kreatif, Poster, Observasi Latar belakang dalam penelitian ini yaitu sebagai upaya meningkatkan pembelajaran menulis poster siswa dengan mengungkapkan gagasan pikiran dengan bentuk analisis. Masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah menulis poster pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Palembang. Hipotesis penelitian ini adalah siswa kelas VIII A mampu menulis poster dengan penerapan metode respons kreatif. Berdasarkan hasil analisis data tes terhadap kemampuan penerapan model respons kreatif sebagai upaya meningkatkan pembelajaran menulis poster pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Nilai yang diperoleh untuk Prasiklus ada 5 siswa yang mendapat nilai ≥75 dengan ketuntasan belajar (15%) tidak tuntas ada 27 yang mendapat nilai ≤75 dengan ketuntasan belajar (85%). Ada I siswa yang mendapat nilai tertinggi pada tes awal atau prasiklus (80) dan ada 9 siswa yang memperoleh nilai rata-rata yang diperoleh siswa (62). Untuk siklus I Kememampuan siswa dalam menulis poster, siswa yang mendapat nilai ≥75 berjumlah 16 siswa (50%). Ada 1 siswa yang memperoleh nilai tertinggi yaitu (80) dan 5 siswa yang mendapat nilai terendah yaitu (50). Berdasarkan hasil tes siswa sampel mengenai menulis poster pada siklus I memperoleh nilai rata-rata (70). Untuk siklus II hasil siswa dalam menulis posterdapat diketahui bahwa nilai siswa yang ≤75 ada 5 siswa (15%) tidak tuntas , sedangkan siswa yang mendapat nilai ≥75 ada 28 siswa (85%) tuntas. Ada 9 siswa yang terendah yaitu (50), berdasarkan hasil tes siswa sampel mengenai kemampuan menulis poster pada siklus II nilai rata-rata (82). Berdasarkan hasil tes diatas, diketahui bahwa model pembelajaran Respons Kreatif berhasil meningkatkan kemampuan menulis poster, berarti penelitian ini dinyatakan terbukti benar. Hal ini didukung oleh hasil data tes dan observasi pada saat pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. DRA. Mulyati, M.Pd 2. Dr. Houtman, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, model Respons Kreatif, poster, observasi |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Pemakaian Bahasa Indonesia Baku |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 04 May 2023 06:15 |
Last Modified: | 04 May 2023 06:15 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/24599 |
Actions (login required)
View Item |