WAHYU ANUGRAH SAKTI, NIM. 112018042 (2022) ANALISA DAMPAK PEKERJAAN JARINGAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) TERHADAP HAMBATAN ATAU TUNDAAN LALU LINTAS JALAN YANG DILALUI DI JALAN R.E MARTADINATA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
112018042_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
112018042_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
Text
112018042_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
||
Text
112018042_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
112018042_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
Text
112018042_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
Text
112018042_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
Text
112018042_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN...pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
INTISARI Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) ialah wujud pelayanan sanitasi yang lagi digalakkan oleh Kementerian Pekerjaan umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) selaku upaya meningkatkan sistem pengolahan air limbah buat skala perkotaan yang terdapat di Indonesia. Penggunaan metode HDD yang merupakan salah satu dari ketiga metode yang digunakan memerlukan dimensi ruang kerja dengan luas tertentu dan pekerjaan berada di badan jalan. Pengumpulan data dilakukan melalui survei volume kendaraan dan pengukuran ruas jalan untuk menentukan tingkat pelayanan jalan sesuai MKJI 1997 pada jalan R.E Martadinata dan menyesuaikannya dengan keadaan pada saat kondisi sebelum pekerjaan pembangunan jaringan IPAL berlangsung sampai pasca pembangunan jaringan IPAL. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat kapasitas jalan R.E Martadinata dalam kondisi eksisting memiliki kapasitas (C) sebesar 3492,72 smp/jam, sementara dalam kondisi saat pekerjaan berlangsung memiliki kapasitas (C) sebesar 2477,76 smp/jam. Sejalan dengan volume kendaraan yang paling tinggi pada hari sabtu sore sebesar 2498,785 smp/jam yang melebihi dari pada kapasitas jalan yang dilalui sehingga menyebabkan kemacetan pada ruas jalan tersebut. Kerusakan badan jalan menjadi faktor utama penyebab kemacetan dikarenakan arus kendaraan harus mengurangi kecepatan pada sekitar titik lokasi kerusakan jalan tersebut Penggunaan rekayasa lalu lintas pada pekerjaan pembangunan jaringan IPAL di jalan R.E Martadinata tidak mengalihkan arus lalu lintas menggunakan jalan alternatif lain, melainkan hanya mengalihkan arus lalu lintas dari arah simpang pusri menuju pasar lemabang ke jalur sebaliknya. Rekayasa lalu lintas yang dibuat sedemikan rupa tersebut diterapkan karena jalan R.E Martadinata merupakan satu-satunya pilihan rute terbaik yang akan dilewati sebagian besar kendaraan. Kata kunci: IPAL, HDD, Eksisting, Tingkat pelayanan, Rekayasa lalu lintas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1.Ir. Noto Royan, M.T. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: IPAL, HDD, Eksisting, Tingkat pelayanan, Rekayasa lalu lintas. |
Subjects: | Teknik Sipil > teknik jalan raya |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 02 May 2023 05:09 |
Last Modified: | 02 May 2023 05:09 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/24491 |
Actions (login required)
View Item |