MARIATUL FADHILA, NIM. 312019024 (2023) PENGARUH METODE ESTAFET WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312019024_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
312019024_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
Text
312019024_BAB III..pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
||
Text
312019024_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
312019024_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
||
Text
312019024_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
||
Text
312019024_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
||
Text
312019024_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
Text
312019024_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Fadhila, Mariatul. 2023. Pengaruh Metode Estafet Writing terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. H. Haryadi, M.Pd., (II) Drs. H. Mustofa, M.Pd. Kata kunci: pengaruh, estafet writing, keterampilan, menulis, teks fabel Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menulis sebuah karangan dan keterampilan menulis cerita fabel siswa masih rendah. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode estafet writing terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh metode estafet writing terhadap keterampilan menulis teks fabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, yakni tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), angket serta wawancara. Analisis data tes menggunakan uji hipotesis. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir menulis teks fabel kelas eksperimen adalah 78,10, dan tes akhir kelas kontrol mendapatkan rata-rata 60,68. Hasil perhitungan dengan uji-t, menunjukkan nilai t_hitung≥t_tabel = (3,24 ≥ 1,67), karena t_hitung lebih besar dari t_tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima dikarenakan terdapat keterampilan menulis teks fabel siswa yang diajarkan menggunakan metode estafet writing. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode estafet writing berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Palembang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. H. Haryadi, M.Pd. 2. Drs. H. Mustofa, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, estafet writing, keterampilan, menulis, teks fabel |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Ejaan dan Ucapan Bahasa Indonesia > Esai Bahasa Indonesia > Sistem Penulisan dan Fonologi Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 02 May 2023 00:12 |
Last Modified: | 02 May 2023 00:12 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/24459 |
Actions (login required)
View Item |