Farah Kansha Fadhilah, NIM. 342018040 (2022) KELAYAKAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342018040_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf Download (934kB) | Preview |
|
Text
342018040_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
||
Text
342018040_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
||
Text
342018040_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
342018040_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
||
Text
342018040_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
||
Text
342018040_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
||
Text
342018040_Lampiran .pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
342018040_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kelayakan Media Audio Visual Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Organisasi Kehidupan untuk Peserta Didik Kelas VII. ABSTRAK Media Pembelajaran memiliki peran penting dalam proses belajar peserta didik. Melihat hasil pembelajaran peserta didik menunjukkan bahwa pemahaman materi organisasi kehidupan peserta didik yang cukup rendah. Media yang dirasa tepat dan sesuai dengan kondisi peserta didik adalah media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio visual berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi organisasi kehidupan untuk peserta didik kelas VII yang layak digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang mengacu pada Branch (2009: 2) penelitian yang dilakukan hanya sampai uji kelayakan pada tahap Development (Pengembangan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara dengan guru dan peserta didik, angket validasi untuk validator dan dokumentasi. Data hasil observasi dan wawancara terhadap guru dan peserta didik dianalisis untuk menjadi bahan blue print pada tahap design. Selanjutnya, desain produk diuji kualitasnya oleh ahli materi media, bahasa dan praktisi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual layak digunakan dalam pembelajaran Biologi. Hal ini dibuktikan dari penilaian ahli media sebesar 115 (sangat layak), penilaian dari ahli materi sebesar 140 (sangat layak), penilaian dari ahli bahasa sebesar 51 (layak), penilaian dari ahli praktisi sebesar 99 (sangat layak). Selain itu secara kuantitas media dikategorikan sangat praktis setelah diuji cobakan kepada responden sebanyak 15 orang peserta didik dengan total skor 73,5. Kata kunci: audio visual, inkuiri terbimbing, organisasi kehidupan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Susi Dewiyeti, S.Si., M.Si. 2. Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | audio visual, inkuiri terbimbing, organisasi kehidupan |
Subjects: | Biologi > Anatomi dan Morfologi Biologi > Ilmu Hewan Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 00:32 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 00:32 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23964 |
Actions (login required)
View Item |