ANNISAH AULIA RAHMATULLAH, NIM.702019074 (2023) HUBUNGAN POLA ASUH DAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK WILAYAH PLAJU DARAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
702019074_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text
702019074_BAB II.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
702019074_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
702019074_LAMPIRAN.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
702019074_cover_sampai_lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
702019074_BAB III.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
702019074_BAB IV.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
702019074_BAB V.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Usia lima tahun pertama pada anak merupakan masa golden age perkembangan anak. Faktor lingkungan, seperti pola asuh dan tingkat pendidikan ibu memengaruhi perkembangan anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pola asuh dan tingkat pendidikan ibu dengan perkembangan anak usia 4-5 tahun di TK Wilayah Plaju Darat. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 65 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer berupa pengisian kuesioner Parenting Style and Dimension Questionnaire (PSDQ) untuk mengetahui jenis pola asuh yang diterapkan ibu dan observasi perkembangan anak menggunakan KPSP. Pengolahan data dilakukan secara univariat dan bivariat. Data kemudian dianalisis dengan uji chi -square. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan pola asuh ibu dengan perkembangan anak (p value 0,002) dan terdapat hubungan tingkat Pendidikan ibu dengan perkembangan anak (p value 0,006). Hasil penelitian ini menemukan bahwa sebesar 60% ibu menerapkan pola asuh otoritatif dan sebesar 56,9% ibu memiliki tingkat pendidikan tinggi. Perkembangan anak sesuai dengan usianya pada penelitian ini sebesar 80%, meragukan sebesar 13,8% dan sebesar 6,2% mengalami penyimpangan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan terdapat pola asuh otoritatif dan tingkat pendidikan ibu yang tinggi berpeluang memiliki anak dengan perkembangan sesuai . Kata kunci : Perkembangan anak, pola asuh, tingkat pendidikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing 1: dr. Nyayu Fitriani, M.Bmd pembimbing 2: dr. Putri Zalika Laila Mardiah Kesuma, M.Pd.Ked |
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan anak, pola asuh, tingkat pendidikan |
Subjects: | Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Kedokteran |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 02:18 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 02:18 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23811 |
Actions (login required)
View Item |