PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG PADA MATERI SISTEM IMUN

FEBBY DWI ASOKA, NIM. 342018024 (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG PADA MATERI SISTEM IMUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
342018024_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
342018024_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
342018024_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
342018024_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
342018024_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
342018024_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
342018024_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Image
SBP_23.jpg

Download (81kB) | Preview

Abstract

Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Muhammadiyah 6 Palembang Pada Materi Sistem Imun ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi bahwa menurunnya keterampilan siswa dalam sesi tanya jawab, keterampilan siswa dalam memecahkan sebuah masalah dan keterampilan siswa dalam berpendapat dan mengkritik sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Diperlukan model pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang tepat yaitu Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Sampel penelitian adalah siswa XI IPA A sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI IPA C sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan analisis data hasil penelitian hasil belajar kognitif siswa menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak, dilihat dari nilai sig 0,000< 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun di SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Kata Kunci : Pengaruh Model Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Susi Dewiyeti, S.Si.,M.Si. 2. Rindi Novitri Antika, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 Feb 2023 00:44
Last Modified: 04 Feb 2023 02:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23783

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.