NUR RAHMADHANI, NIM. 93218017 (2021) ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL, PEMAHAMAN KONSEP, DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMAN SUMATERA SELATAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
93218017_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf Download (503kB) | Preview |
|
Text
93218017_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
Text
93218017_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
Text
93218017_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text
93218017_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
Text
93218017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
Text
93218017_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
93218017_COVER_sampai_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Nur Rahmadhani. 2021. Analisis Hubungan Kemampuan Awal, Pemahaman Konsep, dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di SMAN Sumatera Selatan. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Strata II Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Wardhani, M.Si. (II) Dr. Astrid Sri W. Sumah, M. Si. Kata kunci: Kemampuan Awal, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar. Kemampuan awal merupakan pengetahuan yang dimiliki oleh siswa sebelum mendapat materi selanjutnya. Hal ini juga berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar. Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui hubungan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa selama pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMAN Sumatera Selatan. (2) mengetahui hubungan pemahaman konsep terhadap hasil belajar siswa selama pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMAN Sumatera Selatan. (3) mengetahui hubungan kemampuan awal dan pemahaman konsep dengan hasil belajar siswa secara bersama-sama selama pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMAN Sumatera Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI science di SMAN Sumatera Selatan. Jenis penelitian yakni deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal pilihan ganda untuk mengukur kemampuan awal, sedangkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa diambil dari dokumen guru. Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,884 > 0,05 (2) terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,648 > 0,05 (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dan pemahaman konsep secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai korelasi sebesar 0,905 > 0,05 dengan kategori “Sangat Kuat”, 0,667 > 0,05 dengan kategori “Kuat” dan sebesar 1,000 > 0,05 dengan kategori “Sangat Kuat”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si 2. Dr. Astrid Sri W. Sumah, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Awal, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar |
Subjects: | Biologi > Fisiologi |
Divisions: | PPS Pendidikan Biologi (S2) |
Depositing User: | Mahasiswa Program Pascasarjana |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 01:18 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 01:18 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23644 |
Actions (login required)
View Item |