KEMAMPUAN MATEMATIKA GURU SMP DI PROVINSI SUMATERA SELATAN

LISA YOLANDA, NIM. 332017011 (2022) KEMAMPUAN MATEMATIKA GURU SMP DI PROVINSI SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332017011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text
332017011_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
332017011_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
332017011_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
332017011_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
332017011_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
332017011_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
332017011_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
332017011_Cover_Sampai_Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Yolanda, Lisa. 2022. Kemampuan Matematika Guru SMP di Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. Bonita Hirza, M.Pd. (2) Heru, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Matematika, Guru SMP, Deskriptif Kuantitatif. Guru merupakan salah satu faktor yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan, karena jika tidak ada seorang guru maka pendidikan itu mungkin tidak dapat dicapai secara sempurna. Walaupun siswa bisa belajar sendiri dengan kemajuan teknologi yang sangat canggih saat ini yang dapat mempermudah siswa mencari dan mendapatkan informasi tentang pengetahuan, materi pelajaran yang siswa tidak memahaminya tetapi seorang guru adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru matematika smp di Provinsi Sumatera Selatan, untuk mengetahui materi apa yang dianggap sulit oleh guru dalam menyelesaikan soal-soal UN matematika SMP, dan untuk mengetahui materi apa yang dianggap mudah oleh guru dalam menyelesaikan soal-soal UN matematika SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan tipe deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru matematika smp di Provinsi Sumatera Selatan, karena jumlah data guru disetiap kota/kabupaten tidak didapatkan maka kami mengasumsikan bahwa setiap sekolah minimal memiliki 1 guru matematika, sehingga didapat populasi guru matematika sebanyak 1932 sesuai dengan banyak nya sekolah SMP di Provinsi Sumatera Selatan dengan sampel dalam penelitian ini adalah guru yang terdiri dari 12 kota/kabupaten sebanyak 184. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal UN pilihan ganda tahun 2018/2019. Selanjutnya data dipaparkan kemudian dianalisis untuk mengetahui kemampuan matematika guru smp di Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan matematika guru smp termasuk kategori cukup dengan rata-rata 49,07, materi yang dianggap sangat sulit oleh guru yaitu materi geometri dengan rata-rata persentase 37,67% dan yang dianggap mudah materi statistik dan peluang dengan persentase 61,96%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Bonita Hirza, M.Pd. Pembimbing 2 : Heru, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Matematika, Guru SMP, Deskriptif Kuantitatif.
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:36
Last Modified: 14 Nov 2022 04:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23395

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.