Wahyu Gunawan, NIM. 342018021 (2022) Kelayakan Modul Elketronik Berbasis Problem-Based Learning Pada Materi Ekosistem di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342018021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version Download (850kB) | Preview |
|
Text
342018021_BAB II.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
Text
342018021_BAB III.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
Text
342018021_BAB IV.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
342018021_BAB V.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
Text
342018021_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
Text
342018021_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
||
Text
342018021_LAMPIRAN.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Pada hasil analisis kebutuhan awal yang dilakukan, proses pembelajaran di SMA Muhammadiyah 2 Palembang menggunakan bahan ajar LKS cetak dan PPT yang belum memuat model pembelajaran sehingga dianggap kurang efisien dan praktis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul elektonik berbasis Problem-Based Learning pada materi ekosistem kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research) yang mengacu pada model 4D (Four-D). Tahapan model 4-D terdiri dari (1) Define, (2) Design, (3) Development, dan (4) Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap Development yang meliputi kelayakan dan kepraktisan pada pengguna. Teknik pengumpulan data pada tahap analisis kebutuhan menggunakan angket dan lembar wawancara pada peserta didik dan guru. Tahap uji kelayakan menggunakan lembar validasi ahli bahasa, ahli media, ahli materi. Tahap uji kepraktisan menggunakan lembar angket ahli praktisi dan peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling terdiri dari 15 orang peserta didik kelas X SMA Muhammdiyah 2 Palembang. Hasil penelitian pengembangan ini berupa modul elektronik berbasis problem-based learning pada materi ekosistem yang layak dan praktis. Dari penilaian ahli materi diperoleh total skor 82% kategori sangat layak, ahli media diperoleh total skor 79,16% kategori layak dari segi media dan skor 80,76% kategori sangat layak dari segi kriteria modul, ahli bahasa diperoleh total skor 86,11% kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan oleh guru diperoleh total skor 93,33% kategori sangat praktis, dan hasil uji kepraktisan oleh respon peserta didik diperoleh total skor 88,6% kategori sangat praktis. Hal ini dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis Problem-Based Learning yang dikembangkan sudah layak dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat dilanjutkan ketahap berikutnya yaitu tahap disseminate
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si. 2. Dr. Meli Astriani, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Modul Elektronik, Problem-Based Learning, Ekosistem, Model 4-D |
Subjects: | Biologi > Ekologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 07:39 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 07:39 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23299 |
Actions (login required)
View Item |