Monica Septa Sari, NIM. 332018005 (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS ORIGAMI SISWA KELAS III SD NEGERI 75 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332018005_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (855kB) | Preview |
|
Text
332018005_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (832kB) |
||
Text
332018005_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
||
Text
332018005_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
332018005_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
||
Text
332018005_BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
Text
332018005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
Text
332018005_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
332018005_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar dengan Menggunakan Media Kertas Origami Siswa Kelas III SD Negeri 75 Palembang” ini ditulis oleh Monica Septa Sari, NIM 332018005. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. Sunardi, M.Pd., (II) Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Media Kertas Origami, Hasil Belajar, dan Bangun Datar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media kertas origami dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Selain itu, peneliti menggunakan media kertas origami agar dapat memberikan warna dan suasana yang baru dalam pembelajaran di kelas sehingga hasil belajar meningkat. Dalam hal ini, peneliti menggunakan media kertas origami. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar dengan menggunakan media kertas origami siswa kelas III SD Negeri 75 Palembang?” dan “Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran materi bangun datar dengan menggunakan media kertas origami siswa kelas III SD Negeri 75 Palembang?”. Penelitian ini bertujuan untuk “Mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar dengan dengan menggunakan media kertas origami siswa kelas III SD Negeri 75 Palembang” dan “Mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran materi bangun datar dengan menggunakan media kertas origami siswa kelas III SD Negeri 75 Palembang”. Subjek yang diteliti ada 32 siswa, terdiri dari 21 laki-laki dan 11 perempuan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan wawancara. Desain penelitian ini mengacuh pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data pada siklus I yang mendapat nilai ≥ 70 ada 19 siswa dengan presentase 67,85% dan pada siklus II ada 27 siswa dengan presentase 84,37%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) Pembelajaran menggunakan media kertas origami pada materi bangun datar yang dilaksanakan pada penelitian ternyata efektif, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar. (2) Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media kertas origamipada materi bangun datar di SD Negeri 75 Palembang mendapat respon sangat positif. Maka dapat disampaikan saran-saran sebagai berikut. (1) Bagi guru, guru dapat mengaplikasikan media tersebut ke dalam kegiatan pembelajaran matematika khususnya pada materi bangun datar serta menambah kreativitas. Selain itu, Guru juga dapat menjadikan media kertas origami ini sebagai salah satu inovasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat tercipta situasi belajar yang menyenangkan dan lebih menarik. (2) Bagi siswa, siswa dapat meningkatkan keterampilan melipat, sehingga dengan adanya kegiatan ini siswa dapat memperoleh pengetahuan dengan mengamati benda-benda yang ada di sekitarnya. Dalam hal ini, Siswa juga dapat berimaginasi dengan mengembangkan motorik halus melalui jiwa sosialnya. (3) Bagi sekolah, sekolah dapat menjadikan media kertas origami ini sebagai bahan pertimbangan terhadap peningkatan kinerja guru dan upaya peningkatan kualitas pengelolaan pengajaran. (4) Bagi peneliti, peneliti dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan mengenal cara belajar yang dapat menjadikan siswa lebih aktif, dan interaktif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Pd. 2. Rieno Septra Nerry, S.Si., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Kertas Origami, Hasil Belajar, dan Bangun Datar. |
Subjects: | Matematika > Ilmu Hitung Matematika > Ilmu Ukur (Geometri) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 02:29 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 02:29 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/22005 |
Actions (login required)
View Item |