SITI NURAISYAH, NIM. 342018020 (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342018020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (735kB) | Preview |
|
Text
342018020_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
||
Text
342018020_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
Text
342018020_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
||
Text
342018020_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
Text
342018020_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
Text
342018020_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
Text
342018020_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
||
Text
342018020_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang lebih menekankan kepada masalah-masalah yang nyata atau sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Quizizz adalah suatu game interaktif berbasis pendidikan yang didalamnya terdapat beberapa ikon untuk dikembangkan. Salah satunya yaitu ikon kuis dimana pengguna dapat membuat kuis menggunakan Quizizz untuk suatu pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi menarik dan tidak membosankan.Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik berupa penilaian setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menilai pengetahuan, sikap, ketrrampilan pada diri peserta didik dengan adanya perubahan tingkah laku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitaif dengan metode penelitian Pre-experimental design. Dengan rancangan penelitian Design One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu XI IPA sebagai kelas eksperimen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t berpasangan, hasil yang diperoleh dari perhitungan uji t berpasangan yaitu nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,005, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya model Problem Based Learning berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMA Muhammadiyah 2 Palembang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. 2. Ervina Mukharomah, S.Pd., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Aplikasi Quizizz, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 04:38 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 04:38 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21873 |
Actions (login required)
View Item |