Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Keterampilan Menulis Teks Laporan Observasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Merapi Barat Lahat

Putri Arafiah Adharianti, NIM. 312018038 (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Keterampilan Menulis Teks Laporan Observasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Merapi Barat Lahat. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018038_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312018038_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
312018038_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312018038_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312018038_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] Text
312018038_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
312018038_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
312018038_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
312018038_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Adharianti, Arafiah, Putri. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Keterampilan Menulis Teks laporan Observasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Merapi Barat Lahat, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang : (I) Dra. Mulyati, M.Pd. dan (II) Dr. Houtman, M.Pd. Kata kunci: pengaruh, model pemeblajaran Think Talk Write, teks laporan observasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan keterampilan menulis teks laporan observasi pada kelas X SMA Negeri 1 Merapi Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Merapi Barat berjumlah 170 siswa. Sampel penelitian yang digunakan sample random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes esai, angket, wawancara. Analisis data tes menggunakan uji hipotesis. Hasil analisis dan pembahasan mengenai menulis teks laporan observasi diketahui bahwa nilai rata- rata menulis teks laporan observasi kelas eksperimen 75,96 dan kelas kontrol mendapatkan rata-rata 64,19. Berdasarkan kedua tes akhir menulis teks laporan observasi tersebut, diketahui dari perhitungan uji t maka didapatkan thitung ≥ ttabel atau 3,58 ≥ 1,67. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks laporan observasi. Jadi hipotesis dinyatakan Ho ditolak Ha diterima. Saran penelitian kepada guru Bahasa Indonesia hendaknya dalam kegiatan belajar mengajar dikelas tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Mulyati, M.Pd. 2. Dr. Houtman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengaruh, model pemeblajaran Think Talk Write, teks laporan observasi.
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2022 07:34
Last Modified: 07 Sep 2022 07:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21845

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.