Berinda Permatasari, 312018008 (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas IX MA Al-Akbar Sidomulyo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312018008_Cover Bab I_Daftar Pustaka.pdf Download (664kB) | Preview |
|
Text
312018008_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
Text
312018008_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
Text
312018008_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
Text
312018008_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
Text
312018008_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
Text
312018008_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
312018008_Cover sampai Lampiran d.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Permatasari, Berinda. 2022. Penerapan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas XI MA AL-Akbar Sidomulyo. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (SI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (1) Drs. Danto, M.Pd., (II) Drs. H. Mustofa, M.Pd. Kata Kunci : teks drama, metode brainstorming Latar belakang penelitian ini adalah seringnya ditemui siswa yang menghadapi masalah dalam menulis teks drama. Untuk itu, dalam proses pembelajaran diperlukan strategi yang dapat meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran. Yakni, penggunaan metode pembelajaran Brainstorming untuk membantu siswa menulis teks drama. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks drama di MA AL-Akbar Sidomulyo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks drama siswa kelas XI MA AL-Akbar Sidomulyo dengan menggunakan metode Brainstorming. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dengan langkah-langkah prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Data yang dikumpulkan melalui data tes dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA AL-Akbar Sidomulyo yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 5 perempuan. Proses kegiatan penelitian dilaksanakan terhitung dari tanggal 17 Mei 2022 sampai dengan tanggal 24 Mei 2022. Penelitian dilakukan sebanyak tiga kali pertmuan, yang dibagi ke dalam prsiklus, siklus 1, dan siklus 2. Pada tes prasiklus siswa terlihat kurang antusias, tidak serius, dan belum terlalu aktif. Selanjutnya peneliti menggunakan metode Brainstorming pada siklus 1 dan siklus 2. Siswa yang awalnya kurang antusias, tidak serius, dan belum terlalu aktif menjadi antusias, serius dan aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tes keterampilan diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas 75. Peningkatan itu dapat dilihat dari tes prasiklus 60,7 menjadi 73,9 pada siklus 1, dan 87,8 pada siklus 2. Sedangkan dilihat dari presentase keberhasilan secara klasikal ada peningkatan, tes prasiklus 21%, menjadi 35% pada siklus 1, dan 85% pada siklus 2. Berati dengan metode Brainstorming dapat meningkatkan kemampuan menulis teks drama siswa kelas XI MA AL-Akbar Sidomulyo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Drs. Danto, M.pd Pembimbing 2 : Drs. H. Mustofa, M.pd |
Uncontrolled Keywords: | Teks drama, metode Brainstorming |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Bahasa (Terminologi) dan Komunikasi |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 03:23 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 03:23 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21820 |
Actions (login required)
View Item |