MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI TEKS NEGOSIASI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG MENGGUNAKAN KOLABORASI MODEL JIGSAW DAN ROLE PLAYING

SUMI HARTINI, NIM. 312018012 (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI TEKS NEGOSIASI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG MENGGUNAKAN KOLABORASI MODEL JIGSAW DAN ROLE PLAYING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018012_BAB 1 _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (971kB) | Preview
[img] Text
312018012_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
312018012_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
312018012_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
312018012_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
312018012_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
312018012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
312018012_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Hartini, Sumi. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Teks Negosiasi Kelas X SMA Muhamadiyah 2 Palembang Menggunakan Kolaborasi Model Jigsaw dan role playing. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Drs. Danto, M.Pd. Pembimbing (II) Dra. Hj. Listini, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Teks Negosiasi, Kolaborasi model Jigsaw dan role playing Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan kurangnya variasi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan kolaborasi model jigsaw dan role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan kolaborasi model jigsaw dan role playing. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, tes tertulis dan angket. Subjek penelitian kelas X IPS 1 yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata prasiklus 56,4 dengan presentase keberhasilan 20,8% sedangkan nilai rata-rata siklus I adalah 59,7 dengan presentase keberhasilan 37,5% dan nilai rata-rata siklus II adalah 79,8 dengan presentase keberhasilan 91%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan, bahwa hasil belajar siswa materi teks negosiasi menggunakan kolaborasi model Jigsaw dan role playing kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang meningkat, itu dapat dilihat dari presentase keberhasilan yang mencapai 91% melebihin target yang ingin dicapai target yang ingin dicapai yaitu 90%. Oleh karena itu peneliti menyarankan pada guru Bahasa Indonesia agar memberikan materi pembelajaran dengan model yang bervariasi. Kemudian, peneliti juga menyarankan untuk siswa lebih meningkatkan lagi minat dan semangat belajar Bahasa Indonesia khususnya materi teks negosiasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Danto, M.Pd. 2. Dra. Hj. Listini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Teks Negosiasi, Kolaborasi model Jigsaw dan role playing
Subjects: Bahasa Indonesia > Bahasa (Terminologi) dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:35
Last Modified: 05 Sep 2022 04:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21777

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.