ASMAUL HUSNA, NIM. 312018055 (2000) Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312018055_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
312018055_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
||
Text
312018055_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
||
Text
312018055_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
||
Text
312018055_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
Text
312018055_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
||
Text
312018055_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
||
Text
312018055_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
||
Text
312018055_COVER_SAMPAI LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Husna, Asmaul, 2022. Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi, program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, program sarjana (S1) Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah palembang: (1) Dra. Mulyati, M.Pd., (II) Dr. H. Haryadi, M.Pd. Kata kunci : Pengaruh, Contextual Teaching and Learning, Menulis cerpen. Latar belakang dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam menuangkan ide dan gagasan dalam menulis cerpen. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan mendeksripsikan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitutes, angket, dan wawancara. Analisis data tes menggunakan uji hipotesis. Hasil analisis dan pembahasan mengenai menulis cerpen diketahui nilai rata-rata menulis cerpen kelas eksperimen 82,70 dan nilai rata-rata kelas kontrol 57,91. Bedasarkan kedua tes akhir menulis cerpen tersebut, diketahui dari perhitungan uji t maka didapatkan thitung ≥ ttabel atau 6,21 ≥ 1,67 pada taraf signifikan 5% dengan dk 46. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh pada keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Palembang. jadi, hipotesis yang peneliti kemukakan terbukti kebenaranya yaitu Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dra. Mulyati, M.Pd 2. Dr. H. Haryadi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Contextual Teaching and Learning, Menulis cerpen. |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 03:22 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 03:22 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21757 |
Actions (login required)
View Item |