YULI EKA SAPUTRI, NIM. 312018001 (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI METODE PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 INDRALAYA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312018001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
312018001_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) |
||
Text
312018001_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
||
Text
312018001_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) |
||
Text
312018001_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
||
Text
312018001_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
||
Text
312018001_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
312018001_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Saputri, Yuli Eka. 2022. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Pembelajaran Experiental Learning Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Indralaya Selatan. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Listini, M.Pd., (II) Drs. H. Refson, M.Pd. Kata Kunci : puisi, experiental learning Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat kemampuan menulis puisi siswa di sekolah yang masih terbilang rendah. Peneliti menggunakan metode Experiental Learning untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran Experiental Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa SMP Negeri 2 Indralaya Selatan? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan metode pembelajaran Experiental Learning siswa kelas VII SMP Negeri 2 Indralaya Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (Classroom Action Research). Peneliti menetapkan satu kelas sebagai subjek penelitian yaitu VII.D SMP Negeri 2 Indralaya Selatan yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui tes menulis puisi. Hasil tes yang di dapat dalam penelitian ini adalah pada prasiklus siswa yang memperoleh nilai 34-67 ≤ 68 berjumlah 28 orang (93,6%), sedangkan siswa yang memperoleh nilai 68-84 ≥68 berjumlah 2 orang (6,6%) dengan nilai rata-rata 47,66 dengan ketuntasan klasikal 6,6%. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai 50-67 ≤68 berjumlah 17 orang (56,6%), sedangkan siswa yang memperoleh nilai 68-84 ≥68 berjumlah 13 orang (43,4%) dengan nilai rata-rata 66,73 dengan ketuntasan klasikal 43,33%. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai 50-67 ≤68 berjumlah 4 orang (13,3%), sedangkan siswa yang memperoleh nilai 68-100 ≥68 berjumlah 26 orang (86,7%), dengan nilai rata-rata 77,73 dengan ketuntasan klasikal 86,66%. Berdasarkan hasil tes di atas, peneliti menyimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran Experiental Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Indralaya Selatan terbukti kebenarannya dan diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dra. Hj. Listini, M.Pd 2. Drs. H. Refson, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | puisi, experiental learning |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Puisi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 02:04 |
Last Modified: | 03 Sep 2022 02:04 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21712 |
Actions (login required)
View Item |