ERSI NANDA SEPTARINA, NIM 312018023 (2022) PENGARUH MEDIA FILM PENDEK (BIJAK DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PRABUMULIH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312018023_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (706kB) | Preview |
|
Text
312018023_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
||
Text
312018023_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
||
Text
312018023_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
312018023_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
||
Text
312018023_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
||
Text
312018023_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
Text
312018023_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
||
Text
312018023_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pendek (Bijak dalam Menggunakan Media Sosial) Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Prabumulih. Skirpsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (SI) Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (I) Dra. Sri Parwanti, M.Pd., (II) Supriatini, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : pengaruh, media film, keterampilan, menulis cerita pendek Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya keterampilan menulis yang merupakan salah satu kemampuan menulis yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang lain. Rendahnya tingkat keterampilan menulis cerita pendek pada peserta didik dan faktor dari luar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media film pendek terhadap kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Prabumulih. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Prabumulih yang berjumlah 215 peserta didik yang terdiri dari 163 laki-laki dan 52 perempuan dengan sampel sebanyak 72 peserta didik, yaitu peserta didik kelas XI. MM 1 sebagai kelas Eksperimen dan XI. MM 2 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 36 peserta didik. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest control group desaign. Dan penelitian ini diperoleh melalui instrument tes tertulis, angket atau kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan, yaitu terdapat pengaruh signifikan dari penerapan media film pendek terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Prabumulih. Karena terbukti bahwa Ternyata thitung lebih besar disbanding ttabel pernyataan ini dapat ditulis dengan 5,39 ≥ 2,00. Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan media film pendek terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Prabumulih terbukti kebenaranya. Oleh karena itu hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dra. Hj. Sri Parwanti, M. Pd. 2. Supriatini, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, media film, keterampilan, menulis cerita pendek |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Bahasa (Terminologi) dan Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 04:59 |
Last Modified: | 03 Sep 2022 04:59 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21670 |
Actions (login required)
View Item |