PITRIANI, NIM. 312018031 (2022) ANALISIS NILAI-NILAI EDUKASI DALAM NOVEL RENTANG KISAH KARYA GITA SAVITRI DEVI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312018031_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (532kB) | Preview |
|
Text
312018031_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
Text
312018031_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
Text
312018031_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
Text
312018031_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
Text
312018031_BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
Text
312018031_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
Text
312018031_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
312018031_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pitriani, 2022. Nilai-nilai Edukasi dalam Novel Rentang Kisah Karya Gita Savitri dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. H. Haryadi, M.Pd. dan (II) Drs. Danto, M.Pd. Kata kunci: nilai-nilai edukasi, novel, Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya nilai-nilai edukasi yang terkandung dalam sebuah karya sastra, khususnya novel. Sebagai sebuah karya sastra, novel banyak menyajikan nilai-nilai positif salah satunya pada novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi. Oleh karena itu, masalah yang diangkat oleh peneliti sebagai bahan penelitian adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai edukasi apa saja yang terkandung dalam novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi serta Relevansi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai edukasi yang terdapat dalam novel Rentang Kisah karya Gita Savitri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Peneliti menganalisis data dengan membaca novel secara keseluruhan untuk memperoleh informasi lebih banyak, membuat sinopsis berdasarkan isi bacaan, menganalisis nilai-nilai edukasi dalam novel. Hasil penelitian dalam novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi terkandung nilai-nilai edukasi. Yaitu (1) nilai moral, terdiri atas berbakti kepada orangtua, kerja keras, saling menghargai, cinta Tanah air, perkembangan dalam diri (2) nilai religius, terdiri dari taat kepada perintah Allah SWT, bersyukur, ikhlas, beriman (3) nilai sosial, terdiri dari sikap bertanggung jawab, solidaritas pertemanan (4) nilai budaya, terdiri dalam pendidikan yang menjadikan sebuah wawasan yang lebih baik. Peneliti menyarankan agar hasil nilai-nilai edukasi dalam novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi ini dapat bermanfaat dan dipergunakan dengan sebaiknya oleh pembaca. Penelitian ini memiliki Relevansi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI semester II dengan kompetensi dasar 3.11 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca dan berguna untuk tenaga pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. H. Haryadi, M.Pd. 2. Drs. Danto, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | nilai-nilai edukasi, novel, Pembelajaran |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 01:00 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 01:00 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21659 |
Actions (login required)
View Item |