MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROUND TABLE PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI I BANYUASIN II

Sri Devi Artati, NIM 312018037 (2022) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROUND TABLE PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI I BANYUASIN II. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
NIM 312018037_ COVER s.d BAB 1+ Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NIM 312018037_ BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
NIM 312018037_ BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
NIM 312018037_ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
NIM 312018037_ BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
NIM 312018037_ BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
NIM 312018037_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI DEVI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
NIM 312018037 COVVER_S.d LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Artati, Sri Devi Artati. 2022. Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Model Pembelajaran Kooperatif Round Table pada Siswa Kelas X SMA Negeri I Banyuasin II. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammdiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. H. Haryadi, M.Pd. dan (II) Surismiati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: keterampilan, membaca teks, model pembelajaran. Latar belakang penelitian ini yaitu banyaknya peserta didik di sekolah masih memiliki kebiasaan membaca yang buruk. Mereka membaca dengan lambat, kurang memahami makna kata, dan ungkapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca teks bahasa Indonesia dengan model pembelajaran kooperatif round table di SMA Negeri I Banyuasin II. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, sampel yang dipilih menggunakan teknik random cluster campling yang menjadi sample adalah kelas X.1 dan X.2 yang berjumlah 40 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dari hasil uji signifikan thitung sebesar 4,15 dan ttabel pada taraf signifikan t0,05 dengan dk 38 yaitu sebesar 1,68. Jadi, thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel atau 4,15> 1, 68 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif round table dapat meningkatkan keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri I Banyuasin II. Penulis menyarankan model pembelajaran kooperatif round table ini dapat diterapkan oleh tenaga pendidik untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah X SMA Negeri I Banyuasin II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (I) Dr. H. Haryadi, M.Pd. (II) Surismiati, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: keterampilan, membaca teks, model pembelajaran.
Subjects: Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:45
Last Modified: 01 Sep 2022 02:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21644

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.