Fitri Yuliani, 622018019 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 17 MUARA PADANG KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622018019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
622018019_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
622018019_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
622018019_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
622018019_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
622018019_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
622018019_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
622018019_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul: Strategi Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 17 Muara Padang Kabupaten Banyuasin ini ditulis oleh Fitri Yuliani, NIM : 622018019. Sebagai Pembimbing I Bapak Mustofa, S.Ag., M.Pd.I dan Pembimbing II Bapak Achmad Tasmi, S.Sos.I., M.Pd.I Tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian kualitatif teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, begitu juga mengetahui strategi pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam Strategi Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 17 Muara Padang Kabupaten Banyuasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, pelaksanaan pembelajaran PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 17 Muara Padang Kabupaten Banyuasin sudah cukup baik mulai dari metode ceramah, pemberian tugas, demonstrasi, dan metode tanya jawab, kedua, strategi pengembangan pembelajaran PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Negeri 17 Muara Padang Kabupaten Banyuasin yaitu dengan Pendekatan Kontektual dan Problem Basic Learning. Ketiga, faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu kurangnya motivasi siswa, kurangnya kerja sama antara orang tua dan anak serta lingkungan. Faktor pendukung yaitu dukungan dari kepala sekolah, kegiatan sekolah yang mendukung, tata tertib yang tegas dan disiplin, lingkungan sekolah yang kondusif, sarana dan prasarana sekolah dan semangat para siswa,
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Mustofa, S.Ag., M.Pd.I 2. Achmad Tasmi, Sos.I., M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran , Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 05:30 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 05:30 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20553 |
Actions (login required)
View Item |