ANALISA PERBANDINGAN KOEFISIEN UPAH PEKERJAAN PEMASANGAN PELESTERAN DINDING DIKOTA PALEMBANG

Fitrah Permana Putra, NIM. 112017069 (2022) ANALISA PERBANDINGAN KOEFISIEN UPAH PEKERJAAN PEMASANGAN PELESTERAN DINDING DIKOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
112017069_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
112017069_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[img] Text
112017069_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
112017069_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
112017069_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
112017069_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
112017069_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
112017069_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proyek konstruksi merupakan suatu rangkaian kegiatan pekerjaan konstruksi yang dikerjakan secara terperinci, dalam waktu terbatas yang telah ditentukan oleh pelaksana proyek. Tenaga kerjayang sudah ditetapkan diperlukan untuk menganalisa harga atau biaya yang diperlukan dalam membuat harga satuan upah tenaga kerja suatu pekerjaan bangunan. Harga satuan pekerjaan ialah jumlah harga upah tenaga kerja yang dihitung berdasarkan nilai koefisien upah tenaga kerja.Pelaksanaan proyek konstruksi yang terdapat di kota Palembang, provinsi Sumatera Selatan, walaupun terdapat di satu kota yang sama, nilai koefisien upah tenaga kerja yang di pakai di lapangan berbeda satu sama lain. Perbedaan-perbedaan nilai koefisien yang ada dipengaruhi oleh produktivitas di lapangan yang berdampak pada biaya sebuah pekerjaan konstruksi.penelitian bertujuan menganalisa koefisien upah tenaga kerja terhadap pekerjaan pemasangan plesteran dinding pada pembangunan proyek kontruksi yang sedang berjalan di kota Palembang. Data-data yang diperlukan adalah data primer meliputi : Form tenaga kerja, luas pekerjaan yang dikerjakan perhari, durasi pekerjaan per hari. Data skunder meliputi datadaftar harga satuan upah SNI kota Palembang. Analisis data dengan menghitung luas pekerjaan dilapangan per hari, Luas pekerjaan didapatkan dengan rumus :, menghitung nilai koefisien tenaga kerja pada proyek pembangunan yang sedang berjalan dikota Palembang dengan menggunakan rumus sebagai berikut : Koefisien upahtenaga kerja = ,setelah nilai koefisien didapatkan per satu orang tenaga kerja, selanjutnya menghitung harga satuan upah pekerjaan dengan menggunakan hasil koefisien per satu tenaga kerja dengan rumus Upah kerja = Koefisien Harga satuan upah. Dari hasil penelitian yang diperoleh angka koefisien dan perbandingan tenaga kerja dari analisa berdasarkan SNI dan analisa di lapangan pada proyek pembangunan yang sedang berjalan dikota Palembang sebagai berikut : Perbedaan koefisien dalam analisa berdasarkan SNI dan analisa pada lapangan memiliki pengaruh terhadap biaya. Pengaruh perbedaan koefisien terhadap biaya dapat diketahui bahwa harga satuan pokok kegiatan untuk pekerjaan pelesteran dinding tidak sesuai dengan SNI dengan harga satuan pekerjaan seharga Rp 144.000 dan harga satuan pokok kegiatan untuk pekerjaan yang sama sesuai dengan lapangan seharga Rp 138.600. Kata kunci : Koefisien, Upah Kerja, Pemasangan Plesteran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Hj. Nurnilam Oemiati, M.T. 2. Muhammad Arfan, S.T.,M.T.
Uncontrolled Keywords: KOEFISIEN, UPAH KERJA, PEMASANGAN PELESTERAN
Subjects: Teknik Sipil > Penyelesaian detail dalam Bangunan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:19
Last Modified: 05 Apr 2022 05:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19995

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.