Tri Alawiyah, 622018038 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPRIBADIAN ANAK DIDIK DI SMPN 06 DESA TANDING MARGA KECAMATAN SUNGAI ROTAN KABUPATEN MUARA ENIM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622018038_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (566kB) | Preview |
|
Text
622018038_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
Text
622018038_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
Text
622018038_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
Text
622018038_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
Text
622018038_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
Text
622018038_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
||
Text
622018038_CAVER_SAMPAI LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Abstrak PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPRIBADIAN ANAK DIDIK DI SMPN 06 DESA TANDING MARGA KECAMATAN SUNGAI ROTAN KABUPATEN MUARA ENIM Skripsi yang berjudul Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Kepribadian Anak Didik Di SMPN 06 Desa Tanding Marga Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim. Ini di tulis oleh Tri Alawiyah Nim: 622018038, sebagai pembimbing skripsi I adalah Mustofa. S.Ag., M.Pd. I dan pembimbing II adalah Dr. Ahmad Jumhan, M. Hum. Pada tahun 2022. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika apa sajakah yang di hadapi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap kepribadian anak didik di SMPN 06 desa Tanding Marga Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim.adapun teknik pengumpuln data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil peneliti yang di lakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga problematika yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap kepribadian anak didik di antaranya masih banyak anak didik yang tidak memperhatikan pembelajaran, kuranganya konsentrasi dalam proses pembelajaran, dan sibuk dengan urusan masing-masing. Faktor lainnya juga yang mempengaruhi problematika yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam yaitu terdiri dari faktor lingkungan dan faktor keluarga. Faktor lingkungan baik dari lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat dan faktor keluarga biasanya berasal dari pengalaman yang didapatkan. Adapun solusi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap kepribadian anak didik adalah dengan menanamkan rasa tanggung jawab dalam dirinya, yang bisa melatih anak didik dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang siswa di sekolah. Dan guru selalu memberikan teguran dan peringatan kepada anak didik yang melakukan salah. Hal ini bertujuan agar terciptanya dan terbentuknya sikap kepribadian yang Islami.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Mustofa S.Ag.,M.PD.I 2. Dr. Ahmad Jumhan, M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: peran guru Pai, sikap kepribadian, anak didik. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 06:38 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 06:38 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19853 |
Actions (login required)
View Item |