Jihan Nurhalisa, NIM. 332017009 (2021) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BENTUK ALJABAR BAGI SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332017009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf Download (571kB) | Preview |
|
Text
332017009_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
Text
332017009_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
Text
332017009_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
Text
332017009_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
Text
332017009_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
Text
332017009_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
Text
332017009_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
||
Text
332017009_Cover_sampai_Lampiran...pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurhalisa, Jihan. 2021. Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VIISMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Drs. H. Syaifudin, M.Pd. (2) Nyimas Inda Kusumawati, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Taksonomi Bloom, Bentuk Aljabar. Dilihat dari hasil Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2017/2018 SMP/MTs kota Palembang pada materi aljabar diperoleh persentase sebesar 38,46%. Persentase tersebut masih rendah jika dibandingan dengan tingkat nasional sebesar 41,88%. Dari data yang didapatkan tersebut, terlihat bahwa penguasaan materi masih dibawah daya serap kurang dari 55%, artinya siswa belum memahami konsep dari materi tersebut dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep berdasarkan Taksonomi Bloom dalam menyelesaikan soal pada materi bentuk aljabar bagi siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan tipe deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 50 Palembang dengan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.6 sebanyak 23 siswa dan kelas VII.7 sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulaan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes uraian. Selanjutnya data yang didapatkan kemudian dianalisis untuk mengetahui pemahaman konsep berdasarkan Taksonomi Bloom dalam menyelesaikan soal pada materi bentuk aljabar bagi siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kategori kognitif tinggi diperoleh persentase sebesar 11,6%, siswa dengan kategori kognitif sedang diperoleh persentase sebesar 67,4% dan siswa dengan kategori kognitif rendah diperoleh persentase sebesar 20,9%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Drs. H. Syaifudin, M.Pd 2. Nyimas Inda Kusumawati, S.Si, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Taksonomi Bloom, Bentuk Aljabar. |
Subjects: | Matematika > Analisis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 04:46 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 04:46 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19664 |
Actions (login required)
View Item |