ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BENTUK ALJABAR BAGI SISWA KELAS VII SMP

Jihan Nurhalisa, NIM. 332017009 (2021) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BENTUK ALJABAR BAGI SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332017009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
332017009_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
332017009_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
332017009_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
332017009_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
332017009_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
332017009_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
332017009_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
332017009_Cover_sampai_Lampiran...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nurhalisa, Jihan. 2021. Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VIISMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Drs. H. Syaifudin, M.Pd. (2) Nyimas Inda Kusumawati, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Taksonomi Bloom, Bentuk Aljabar. Dilihat dari hasil Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2017/2018 SMP/MTs kota Palembang pada materi aljabar diperoleh persentase sebesar 38,46%. Persentase tersebut masih rendah jika dibandingan dengan tingkat nasional sebesar 41,88%. Dari data yang didapatkan tersebut, terlihat bahwa penguasaan materi masih dibawah daya serap kurang dari 55%, artinya siswa belum memahami konsep dari materi tersebut dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep berdasarkan Taksonomi Bloom dalam menyelesaikan soal pada materi bentuk aljabar bagi siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan tipe deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 50 Palembang dengan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.6 sebanyak 23 siswa dan kelas VII.7 sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulaan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes uraian. Selanjutnya data yang didapatkan kemudian dianalisis untuk mengetahui pemahaman konsep berdasarkan Taksonomi Bloom dalam menyelesaikan soal pada materi bentuk aljabar bagi siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kategori kognitif tinggi diperoleh persentase sebesar 11,6%, siswa dengan kategori kognitif sedang diperoleh persentase sebesar 67,4% dan siswa dengan kategori kognitif rendah diperoleh persentase sebesar 20,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. H. Syaifudin, M.Pd 2. Nyimas Inda Kusumawati, S.Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Taksonomi Bloom, Bentuk Aljabar.
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:46
Last Modified: 22 Mar 2022 04:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19664

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.