PENGARUH CONCEPT ATTAINMENT MODEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN KISAM TINGGI KABUPATEN OKU SELATAN

Widiya Septian Dewi, NIM. 93218006 (2021) PENGARUH CONCEPT ATTAINMENT MODEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN KISAM TINGGI KABUPATEN OKU SELATAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
93218006_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
93218006_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh Concept Attainment Model Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan Widiya Septian Dewi Widiya Septian Dewi. 2021. Pengaruh Concept Attainment Model Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan.Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana (S2). Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dr. Sri Wardhani, M.Si. (II) Dr. Rusdy A Siroj, M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa pernyataan yang menyatakan concept attainment model dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh penerapan concept attainmentmodel terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen quasi experimental design tipe Nonequeivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kisam Tinggi yang terdiri dari 2 sekolah. Sampel yang digunakan pada SMP 1 Kisam Tinggi untuk kelas eksperimen yaitu VIII E sedangkan kelas kontrol VIII B, Sampel yang digunakan pada SMP 2 Kisam Tinggi untuk kelas eksperimen yaitu VIII B sedangkan kelas kontrol VIII A.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive. Pengumpulan data dengan test tertulis yaitu dengan cara memberikan pretest dan Posttest. Hasil penelitian nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 76,00 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 51,45 Analisis data menggunakan program SPSS 23.0 dengan analisis Independent Sample T Test. Hasil ujii hipotesis diperoleh nilaisignifikansi sebesar 0,000 < 0,005. Artinya terdapat perbedaan pengaruh penerapan concept attainment terhadap hasil belajar mata Pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan. Kata Kunci: Concept Attainment Model (CAM); Hasil Belajar, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si. 2. Dr. Rusdy A Siroj, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Concept Attainment Model (CAM); Hasil Belajar, Pemahaman Konsep
Subjects: Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 08 Dec 2021 06:14
Last Modified: 08 Dec 2021 06:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19154

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.