Widiya Septian Dewi, NIM. 93218006 (2021) PENGARUH CONCEPT ATTAINMENT MODEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN KISAM TINGGI KABUPATEN OKU SELATAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
93218006_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA...pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
93218006_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR...pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pengaruh Concept Attainment Model Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan Widiya Septian Dewi Widiya Septian Dewi. 2021. Pengaruh Concept Attainment Model Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan.Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana (S2). Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dr. Sri Wardhani, M.Si. (II) Dr. Rusdy A Siroj, M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa pernyataan yang menyatakan concept attainment model dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh penerapan concept attainmentmodel terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen quasi experimental design tipe Nonequeivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kisam Tinggi yang terdiri dari 2 sekolah. Sampel yang digunakan pada SMP 1 Kisam Tinggi untuk kelas eksperimen yaitu VIII E sedangkan kelas kontrol VIII B, Sampel yang digunakan pada SMP 2 Kisam Tinggi untuk kelas eksperimen yaitu VIII B sedangkan kelas kontrol VIII A.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive. Pengumpulan data dengan test tertulis yaitu dengan cara memberikan pretest dan Posttest. Hasil penelitian nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 76,00 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 51,45 Analisis data menggunakan program SPSS 23.0 dengan analisis Independent Sample T Test. Hasil ujii hipotesis diperoleh nilaisignifikansi sebesar 0,000 < 0,005. Artinya terdapat perbedaan pengaruh penerapan concept attainment terhadap hasil belajar mata Pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan. Kata Kunci: Concept Attainment Model (CAM); Hasil Belajar, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si. 2. Dr. Rusdy A Siroj, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Concept Attainment Model (CAM); Hasil Belajar, Pemahaman Konsep |
Subjects: | Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan |
Divisions: | PPS Pendidikan Biologi (S2) |
Depositing User: | Mahasiswa Program Pascasarjana |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 06:14 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 06:15 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19154 |
Actions (login required)
View Item |