ANALISIS KEJENUHAN DAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 UNGGULAN MUARA ENIM

Meta Rulita, NIM. 93219009 (2021) ANALISIS KEJENUHAN DAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 UNGGULAN MUARA ENIM. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
93219009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
93219009_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)

Abstract

ABSTRAK Rulita, Meta. 2021. Analisis Kejenuhan dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pelajaran Biologi di SMAN 1 Unggulan Muara Enim. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Strata II Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Wardhani, M.Si. (II) Dr. Astrid S.W. Sumah, M.Si. Pembelajaran daring adalah seluruh interaksi pembelajaran jarak jauh yang dilakukan menggunakan jaringan internet. Kejenuhan belajar adalah suatu kondisi mental seseorang saat mengalami rasa bosan dan sehingga mengakibatkan timbulnya rasa lesu dan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas belajar. Minat belajar adalah salah satu rasa untuk menyukai atau ketertarikan pada satu hal dan aktivitas belajar tanpa ada yang menyuruh untuk belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran daring pada pelajaran biologi di SMAN 1 Unggulan Muara Enim; 2) minat belajar siswa dalam pembelajaran daring pada pelajaran biologi di SMAN 1 Unggulan Muara Enim; 3) faktor-faktor yang menyebabkan kejenuhan dan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring pada pelajaran biologi di SMAN 1 Unggulan Muara Enim. Metode Penelitian: Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian: faktor kejenuhan belajar terdiri dari indikator kelelahan kognitif, emosi, dan fisik menunjukkan siswa mengalami kejenuhan dalam pembelajaran daring. Faktor minat belajar siswa pada indikator perasaan senang, perhatian, keterlibatan dan ketertarikan tidak menunjukkan penurunan minat belajar. Kesimpulan: kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran daring pada pelajaran biologi dirasakan oleh siswa-siswa di SMAN 1 Unggulan Muara Enim. Siswa mengalami kejenuhan dalam proses kegiatan belajar daring dikarenakan metode pembelajaran yang diberikan oleh guru tidak menarik; 2) minat belajar siswa dalam pembelajaran daring pada pelajaran biologi di SMAN 1 Unggulan Muara Enim tidak menurun. Meskipun beberapa siswa di SMAN 1 Unggulan Muara Enim mengalami kejenuhan belajar daring akan tetapi tidak menurunkan minat belajar siswa. Terlihat dari banyaknya siswa yang mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru; 3) faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar siswa berdasarkan hasil penelitian peneliti terdiri dari tiga indikator yaitu kelelahan kognitif, kelelahan emosi dan kelelahan fisik. Faktor yang menyebabkan minat belajar siswa berdasarkan hasil penelitian peneliti terdiri dari empat indikator yaitu perasaan senang, perhatian, keterlibatan, dan ketertarikan. Kata kunci: Kejenuhan Belajar, Minat Belajar, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si 2. Dr. Astrid S.W Sumah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan Belajar, Minat Belajar, Pembelajaran Daring
Subjects: Biologi
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 07 Dec 2021 05:52
Last Modified: 07 Dec 2021 05:52
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19145

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.