Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SMA Negeri 1 Rantau Alai

AYU UTAMI, NIM. 342017016 (2021) Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SMA Negeri 1 Rantau Alai. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342017016_BAB_I_DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
342017016_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)

Abstract

Utami, Ayu. 2021. Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Biologi pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMA Negeri 1 Rantau Alai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilm Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Wardhani, M.Si. (II) Rindi Novitri Antika, S.Pd., M.Pd. Sejak adanya pandemi covid-19 dunia pendidikan mengalami banyak hambatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hambatan-hambatan yang dihadapi siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran biologi pada masa pandemi Covid-19 dan bagaimana solusi alternatif yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket yang disebarkan kepada siswa serta wawancara dengan guru mata pelajaran biologi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tahap pra pembelajaran 33,69% siswa mengalami hambatan yaitu siswa tidak memiliki nomor telepon guru dan siswa mengalami hambatan dalam memahami aplikasi belajar. Selanjutnya pada tahap saat pembelajaran 23,90% siswa mengalami hambatan dalam memahami materi pembelajaran, sedangkan untuk tahap usai pembelajaran 29,47% siswa mengalami hambatan. Solusi Alternatif yang sudah dilakukan oleh guru dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut yaitu dengan dilakukannya pembelajaran secara luring selain itu guru membagikan materi berupa video pembelajaran. Sedangkan solusi alternatif yang disarankan oleh peneliti yaitu agar pembelajaran tidak membosankan guru harus menerapkan pembelajaran daring yang lebih variatif agar siswa tidak bosan dalam proses pembelajaran selain itu sebelum pembelajaran dimulai siswa harus berada pada tempat yang kondusif serta berada pada tempat yang memiliki akses internet yang stabil. Kata Kunci : hambatan, proses pembelajaran, covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr.Sri Wardhani, M.Si. 2. Rindi Novitri Antika, S.Pd.M.Pd
Uncontrolled Keywords: hambatan, proses pembelajaran, covid-19
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:51
Last Modified: 23 Nov 2021 03:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19116

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.