RANCANG BANGUN ALAT PAKAN TERNAK OTOMATIS MENGGUNAKAN MOTOR SERVO DAN SOLAT CELL

MUHAMMAD RIDHO HIDAYAT, NIM. 132017157 (2021) RANCANG BANGUN ALAT PAKAN TERNAK OTOMATIS MENGGUNAKAN MOTOR SERVO DAN SOLAT CELL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017157_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132017157_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi di bidang elektronika yang berkembang pesat berdampak pada pembuatan perangkat-perangkat canggih. Pemanfaatan kemajuan teknologi dalam budidaya ikan sangat bermanfaat untuk meningkatkan produk dan dapat mempermudah pembudidayaannya.Oleh karena itu agar kegiatan ini dapat efisien maka diperlukan suatu sistem kendali otomatis yaitu suatu alat peraga otomatis untuk sistem kerja pengendalian pakan ikan. Sistem pemberian pakan ikan otomatis ini menggunakan energi matahari dengan menggunakan panel surya sebagai sumber energi listriknya. Metode penelitian-nya menggunakan beberapa tahapan yaitu : studi literature, pengambilan data, perhitungan dan analisis. Dari hasil pengukuran dan perhitungan data yang dilakukan yang dapat sesuai dengan beban variasi pakan yang digunakan. Perbedaan baling-baling yang digunakan mempengaruhi lama kerja motor dengan perbedaan waktu 3-4 detik setiap beda jumlah pakan yang digunakan, tapi tidak mempengaruhi perubahan terhadap tegangan dan arus, karena tegangan dan arus yang keluar pada saat motor bekerja dapat dikatakan stabil nilai-nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Erliza Yuniarti, ST., M.Eng 2. Sofiah, ST., MT
Uncontrolled Keywords: Kata kunci — Motor servo, Pakan ternak, Otomatis, sel surya
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 05 Oct 2021 06:19
Last Modified: 05 Oct 2021 06:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18756

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.