RANCANG BANGUN AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) PADA SOLAR CELL BERBASIS MODUL WIFI SONOFF POWR2 MENGGUNAKAN SMARTPHONE

MUHAMMAD RIHADI, NIM. 132017108 (2021) RANCANG BANGUN AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) PADA SOLAR CELL BERBASIS MODUL WIFI SONOFF POWR2 MENGGUNAKAN SMARTPHONE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017018_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text
132017108_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mengutamakan solar cell sebagai sumber energi dari panas matahari yang dihasilkan dari sinar matahari sebagai suplai energi cadangan sangatlah baik. Dengan energi yang tidak merusak polusi udara maupun lingkungan sekitar, akan tetapi dalam penyinaran matahari untuk medapatkan sumber energi listrik yang dihasilkan oleh solar cell sangat bergantungan pada intentitas sinar matahari yang di hasilkan oleh panas matahari. Oleh karena itu dalam penyinaran matahari tidak dapat sepenuhnya menyuplai energi listrik maka dibutuhkan yang namanya alat untuk memudahkan dalam perpindahan ke PLN tanpa mengoperasikan secara manual dan dapat di monitoring dengan smartphone untuk memudahkan pengguna dalam memantau maupun mengoperasikan dalam perpindahan suplai. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang bangun sebuah sistem ATS (Automatic Transfer Switch ) yang dilengkapi dengan modul monitoring yang memudahkan pengguna dalam memonitoring dari kinerja ATS dengan menggunakan modul Sonoff. Tahapan penelitian ini di mulai dari proses perancangan dan pembuatan gambar scematic dan proses perakitan alat. Hasil pengujian didapatkan data bahwa ATS dapat bekerja dengan perpindahan tanpa jeda dengan waktu perpindahan 0,12 detik dan untuk perpindahan dengan ada jedah 10 detik. Percobaan pembatasan beban dengan modul sonoff untuk batas beban minimal 10 watt dan beban maksimal yang di uji 300 watt dan akurasi pembacaan tegangan dan arus memiliki selisih tidak begituh jauh maka dikatakan bahwa ATS ini dapat bekerja dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Taufik Barlian, S.T.,M.Eng. 2. Wiwin A. Oktaviani, S.T.,M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Solar cell, ATS,PLN dan Modul Sonoff
Subjects: Elektro > Elektromagnetik
Elektro > Elektronika
Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 25 Sep 2021 02:32
Last Modified: 25 Sep 2021 02:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18551

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.