SITI AISYAH OKTARINI, NIM. 322016002 (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X OTKP Mata Pelajaran Komunikasi Digital SMK Negeri 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
322016002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text
322016002_BAB II_SAMAPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (912kB) |
Abstract
Oktarini, Aisyah, Siti. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X OTKP Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital SMK Negeri 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Dr. Hj. Herasni Yaman., M.M, (II) Drs. H. M. Zalili Aziz, M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran PAKEM dan Hasil Belajar. Berdasarkan Pengamatan yang telah dilakukan masih ada beberapa siswa yang hasil belajarnya rendah, apakah ini disebabkan oleh cara mengajar guru ? maka dilakukan penelitian dengan judul : Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Pesrta Didik Kelas X OTKP Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang. Rumusan masalah penelitian ini Apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Pesrta Didik Kelas X OTKP Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang?. Tujuan peneliti ini dalah untuk mengettahui Apakah Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Pesrta Didik Kelas X OTKP Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil secara total yang berjumlah 60 peserta didik yaitu dibagi dua kelas, 30 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas control.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan soal dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengujian dalam penelitian ini, maka hasil belajar menggunakan model pembelajaran ceramah diperoleh rata-rata 〖 x〗_1= 70,88 dan nilai standar deviasi S1 = 11,26 dan hasil belajar model pembelajaran pakem diperoleh nilai rata-rata 〖 x〗_1= 88,56 dan nilai standar deviasi S1 = 79,6. Kemudian dari analisis data dengan menggunakan statistik uji t diperoleh thitung = -7,110 dan ttabel = 2,00untuk α= 0,140 dan dk = 58, maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis menunjukkan thitung berada pada daerah penolakan Ho yang artinya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pakem lebih berpengaruh dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital X OTKP Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Palembang. Disarankan kepada para pendidik untuk berupaya melakukan perbaikan serta peningkatan kualitas dalam proses belajar dan mengajar agar dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Maka dari itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr.Hj.Herasni Yaman, M.M 2. Drs.H.M.Zalili Aziz, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran PAKEM Dan Hasil Belajar |
Subjects: | Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 02:16 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 02:16 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18428 |
Actions (login required)
View Item |