ANALISIS PENGARUH TRANSFORMASI DIGITAL TERHADAP CULTURAL LAG MENGGUNAKAN METODE PATH ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN (Studi Kasus PT. XYZ Palembang)

Mayanita, NRP. 152017047 (2021) ANALISIS PENGARUH TRANSFORMASI DIGITAL TERHADAP CULTURAL LAG MENGGUNAKAN METODE PATH ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN (Studi Kasus PT. XYZ Palembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152017047_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text
152017047_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PENGARUH TRANSFORMASI DIGITAL TERHADAP CULTURAL LAG MENGGUNAKAN METODE PATH ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN (Studi Kasus PT. XYZ) Mayanita Program Studi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Palembang Mayanita212@gmail.com PT. XYZ menerapkan transformasi digital pada sistem perusahaannya pada tahun 2019. Transformasi digital tersebut menimbulkan Cultural lag bagi sebagian besar karyawannya. Bahkan pada awal penerapan transformasi digital, beberapa karyawan mengajukan pengunduran diri serta ada juga yang terserang stroke. Selain itu terdapat kerugian berupa sering terlambatnya peyelesaian proposal dikarenakan harus menunggu persetujuan dari pusat melalui aplikasi yang tersedia, dampaknya adalah terjadi over budget pada biaya handling serta terganggunya hasil pendapatan perusahaan. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengaruh transformasi digital terhadap cultural lag. Penelitian ini menggunakan Path Analysis sebagai metode analisisnya. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan responded sebanyak 39. Variabel yang diteliti adalah disiplin kerja, kemampua/ pegetahuan karyawan, transformasi digital dan cultural lag. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan/ pengetahuan karyawan berpengaruh signifikan terhadap cultural lag sebesar 71% dengan sig. 0.000 < 0.05. Transformasi digital tidak mempengaruhi terjadinya cultural lag yang artinya sistem digital yang digunakan sudah baik sehingga tidak ada permasalahan yang ditimbulkan dari sistem yang digunakan terhadap perusahaan dan karyawannya. Dan untuk meningkatkan disiplin kerja para karyawan, manajer harus memberikan bimbingan berupa mengajarkan cara berkomunikasi yang baik, cara bekerja team yang baik, memberikan arahan mengenai penjadwalan terhadap pekerjaan yang perlu diselesaikan dan terdapat periode tertentu. Kata kunci : Cultural Lag, Disiplin Kerja, Path Analysis, Transformasi Digital

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Merisha Hastarina S.T, M.Eng 2. Nidya Wisudawati S.T, M.T, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Cultural Lag, Disiplin Kerja, Path Analysis, Transformasi Digital
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Manajemen > kesehatan karyawan, keamanan, kesejahteraan
Manajemen > manajemen pabrik
Manajemen > manajemen perindustrian
Manajemen > manajemen umum
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:18
Last Modified: 13 Sep 2021 03:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17723

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.