ADAB BERGAUL REMAJA DALAM NOVEL CINTA DALAM IKHLAS KARYA ABAY ANALISIS: SOSIOLOGI SASTRA

Siska Intan Purnama Sari, NIM. 312017045 (2021) ADAB BERGAUL REMAJA DALAM NOVEL CINTA DALAM IKHLAS KARYA ABAY ANALISIS: SOSIOLOGI SASTRA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017045_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
312017045_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja adab bergaul remaja dalam novel Cinta dalam Ikhlas, Karya sastra merupakan sebuah karya yang dapat berupa karangan yang di dalamnya terdapat unsur pengajaran. Pengarang karya sastra berusaha untuk memasukkan niali-nilai kehidupan dalam karya sastra. Salah satu karya sastra berupa fisik yang banyak mengandung pengajaran adalah Cinta dalam Ikhlas karya Abay. Nilai pengajaran yang disamapaikan dalam novel Cinta dalam Ikhlas. Teori yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adab bergaul remaja yang terkandung dalam novel Cinta dalam Ikhlas yaitu: (1) adab bergaul remaja, (2) Adab bergaul remaja dalam bentuk tolong menolong dalam kebaikan, (3) Adab bergaul dalam cinta, (4) Sabar dalam menghadapi cobaan, (5) Adab keimanan, (6) Adab iman kepada kitab-kitab Allah, (7) Iman kepada Rasul-Rasul allah, (8) Iman kepada Qodha dan Qodar Allah, (9) Nilai Ibadah, (10) Kewajiban terhadap jenazah, (11) Tidak saling peduli, (12) Saling Bersikap Lembut, dan (13) Saling Memaafkan. Peneliti menyaran untuk penelitian selanjutnya agar meneliti novel Cinta dalam Ikhlas karya Abay dalam ruang lingkup yang lebih luas lagi, seperti gambaran ajaran agama Islam, akhlak terpuji, penerapan sunnah Rasulullah, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan adab bergaul remaja dalam Cinta dalam Ikhlas karya Abay. manfaat hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebuah inspirasi dan motivasi pembaca dalam novel Cinta dalam Ikhlas ini untuk dapat serta membuat pembaca memiliki hobi membaca. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Cinta dalam Ikhlas karya Abay. Terbit pada tahun 2017 diterbitkan PT. Bintang Pustaka. Yang terdiri 367 halaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Gunawan Ismail, M.Pd.,C.Mt. 2. Dra. Hj. Sri Parwanti., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: adab bergaul, novel, sosiologi sastra
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Sep 2021 06:21
Last Modified: 04 Sep 2021 06:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17252

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.