NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL DAN BIDADARI SURGA PUN CEMBURU KARYA KH. ADRIAN MAFATIHULLAH KARIEM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

SEPTIANA WULANDARI, NIM. 312017022 (2021) NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL DAN BIDADARI SURGA PUN CEMBURU KARYA KH. ADRIAN MAFATIHULLAH KARIEM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017022_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (834kB) | Preview
[img] Text
312017022_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Septiana. 2021. Nilai Religius dalam Novel dan Bidadari Surga pun Cemburu Karya Kh. Adrian Mafatihullah Kariem Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. H. Haryadi, M.Pd. dan (II) Drs. Mustofa, M.Pd. Kata kunci: nilai religius, novel Latar belakang penelitian untuk menambah pemahaman terhadap nilai religius dalam novel dan Bidadari Surga pun Cemburu Karya KH. Adrian Mafatihullah Kariem dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai religius apa saja yang terdapat dalam novel dan Bidadari Surga pun Cemburu, tujuan penelitian ini menemukan nilai religius dalam novel dan Bidadari Surga pun Cemburu, sumber data dalam penelitian ini yaitu novel dan Bidadari Surga pun Cemburu Karya KH. Andrian Mafatihullah Kariem. Peneliti menganalisis data dengan membaca novel secara keseluruhan untuk memperoleh pemahaman awal, membaca ulang novel lebih cermat untuk memperoleh informasi lebih banyak, membuat sinopsis novel berdasarkan hasil bacaan, menganalisis nilai-nilai moral dalam novel. Hasil analisis ini membuktikan bahwa dalam novel dan Bidadari Surga pun Cemburu Karya KH. Andrian Mafatihullah Kariem terkandung nilai-nilai religius. Yaitu (a) hubungan manusia dengan Tuhan, seperti (beriman kepada Allah, bersyukur atas nikmat Allah, bersabar menerima cobaan dari Allah), (b) hubungan manusia dengan diri sendiri, seperti (sabar, ikhlas), (c) hubungan manusia dengan sesama manusia, seperti (saling memaafkan, peduli sesame) dan (d) hubungan manusia dengan lingkungan, seperti (memuji indahnya alam, menikmati keindahan alam). Peneliti menyarankan agar hasil Nilai religius dalam dan Bidadari Surga pun Cemburu Karya KH. Andrian Mafatihullah Kariem ini bermanfaat untuk memotivasi manusia agar bersikap dan bertindak dengan penuh kebaikan yang didasari atas kesadaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. H. Haryadi, M.Pd. 2. Drs. Mustofa, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Nilai religius, novel.
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Sep 2021 06:02
Last Modified: 04 Sep 2021 06:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17251

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.