SUCI AMALIA, 312017027 (2021) KEEFEKTIFAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMERIZE, DAN TEST (PQRST) DALAM MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN. Skripsi thesis, universitas muhammadiyah palembang.
|
Text
312017027_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (775kB) | Preview |
|
Text
312017027_BAB II_SAMPAI BAB VI_.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Amalia, Suci. 2021. Keefektifan Metode Preview, Question, Read, Summerize, dan Test (PQRST) dalam Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Drs. Danto, M.Pd., (II) Dra. Hj. Listini, M.Pd. Kata Kunci: metode, Preview, Question, Read, Summerize, Test, membaca pemahaman Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca peserta didik menjadi problematika dalam dunia pendidikan, khususnya di Indonesia. Peneliti memilih metode pembelajaran preview, question, read, summerize, dan test dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca pemahaman. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah efektif atau tidaknya metode preview, question, read, summerize, dan test untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode preview, question, read, summerize, dan test untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan rancangan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan yang berjumlah 103 orang. Peneliti menentukan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Experiment true experimental. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA I sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 2 sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data tes dan wawancara. Berdasarkan hasil deskripsi penelitian, diperoleh simpulan bahwa keefektifan metode preview, question, read, summerize, dan test dalam membaca pemahaman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan tergolong signifikan, karena terbukti lebih besar dari pada pada taraf signifikan 5% dengan DK (Derajat Kebebasan) 3,14 ≥ 1,68. Hipotesis yang dikemukakan, yaitu keefektifan metode preview, question, read, summerize, dan test dalam membaca pemahaman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan terbukti kebenarannya. Penulis menyarankan agar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan lebih gian dan bersungguh-sungguh belajar membaca pemahaman dalam menganalisis struktur teks biografi pada materi teks biografi agar mendapatkan hasil yang lebih baik lagi dan guru Bahasa Indonesia harus lebih kreatif dalam memilih metode pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | PEMBIMBING: 1. Drs. Danto, M.Pd. 2. Dra. Hj. Listini, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: metode, Preview, Question, Read, Summerize, Test, membaca pemahaman |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Ejaan dan Ucapan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 04 Sep 2021 04:53 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 01:59 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17241 |
Actions (login required)
View Item |