PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENCERITAKAN KEMBALI TEKS BIOGRAFI DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

NURSANDI KARYASIH, NIM. 312017026 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENCERITAKAN KEMBALI TEKS BIOGRAFI DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
312017026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312017026_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Karyasih, Nursandi. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Imajinatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menceritakan Kembali Teks Biografi di Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (I) Drs. Danto, M.Pd. (II) Dra. Ismaiyati, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan, Imajinatif, Menceritakan Kembali Teks Biografi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik menceritakan kembali teks biografi di sekolah yang masih rendah. Peneliti menggunakan model Imajinatif untuk kemampuan peserta didik dalam menceritakan kembali teks biografi. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Imajinatif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik menceritakan kembali teks biografi di kelas X SMK Muhammadiyah 2 Palembang? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model Imajinatif terhadap kemampuan peserta didik menceritakan kembali teks biografi di kelas X SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu yang menggunakan rancangan kelompok konrtrol dan kelompok eksperimen pretest dan posttest. Peneliti menetapkan dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X TKJ 1 berjumlah 35 peserta didik, terdiri dari 31 peserta didik laki-laki dan 4 peserta didik perempuan. Kelas TKJ 2 berjumlah 36 peserta didik, terdiri dari 32 peserta didik laki-laki dan 4 peserta didik perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui tes peserta didik dan wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas X SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data tes dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil deskripsi penelitian, diperoleh simpulan bahwa pengaruh model Imajinatif terhadap kemampuan peserta didik menceritakan kembali teks biografi di kelas X SMK Muhammadiyah 2 Palembang tergolong signifikan, karena terbukti t_hitung lebih besar dari t_tabel pada taraf signifikan 5% dengan DK 69 (Derajat Keabsahan) 8,63 ≥ 1,66. Hipotesis yang ditemukan, yaitu pengaruh model Imajinatif terhadap kemampuan peserta didik menceritakan kembali teks biografi di kelas X SMK Muhammadiyah 2 Palembang terbukti kebenarannya dan diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Danto, M.Pd. 2. Dra. Ismaiyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Imajinatif, Menceritakan Kembali Teks Biografi
Subjects: Bahasa Indonesia > Ejaan dan Ucapan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Sep 2021 03:07
Last Modified: 04 Sep 2021 03:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17222

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.