PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X BDP DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

RETNO SUSANTI, NIM. 322017010 (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X BDP DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322017010_BAB l_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (980kB) | Preview
[img] Text
322017010_BAB ll_SAMPAI_TERAKHIR .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X BDP dalam mengikuti mata pelajaran komunikasi bisnis di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X BDP dalam mengikuti mata pelajaran komunikasi bisnis di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Metode penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Palembang berjumlah 160 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Tekik pengumpulan data menggunakan kuisioner (Angket), observasi, dan dokumentasi. Angket terdiri dari 1 Variabel (X) Minat Belajar dengan 25 item pernyataan, dan untuk Hasil belajar mengumpulkan data berupa hasil nilai raport semester ganjil TP. 2020-2021. Analisis data yang digunakan adalah analisis Product Moment dan uji signifikan (uji t) nilai rhitung yang di dapat dari hasil perhitungan lebih besar dari pada nilai rtabel (0,330 > 0,329). Sedangkan perhitungan uji signifikan (uji t) nilai thitung yang diperoleh lebih besar dari pada ttabel (2,041 > 1,690). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X BDP dalam mengikuti mata pelajaran komunikasi bisnis di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Artinya semakin tinggi minat belajar siswa kelas X BDP dalam mengikuti mata pelajaran komunikasi bisnis maka semakin baik pula hasil belajar nya dan begitu pula sebaliknya jika minat belajar siswa kelas X BDP dalam mengikuti mata pelajaran komunikasi rendah maka hasil belajar nya pun akan menurun. Saran bagi pihak sekolah agar penelitian ini dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X BDP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs.H.M.Zalili Aziz,M.Pd. 2. Dr.Herman Seri, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Administrasi Pendidikan > Studi dan Pengajaran Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 Sep 2021 01:24
Last Modified: 03 Sep 2021 01:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17202

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.