ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL CANTING KARYA FISSILMI HAMIDA

MAYASARI, NIM. 312017042 (2021) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL CANTING KARYA FISSILMI HAMIDA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017042_BAB I_DAFTAR PUSTAKA_.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
312017042_BAB II SAMPAI TERAKHIR_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)

Abstract

ABSTRAK Mayasari, 2021. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Canting Karya Fissilmi Hamida. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. H Refson, M.Pd., (II) Dra. Mulyati, M.Pd. Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan, Novel Penelitian ini dilatarbelakangi oleh novel yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam novel Canting karya Fissilmi Hamida. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik dokumentasi dan teknik analisis data. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Canting karya Fissilmi Hamida. Terbit pada Januari 2021. Diterbitkan oleh KMO Publishing, dengan tebal halaman 364 dan berukuran 14 x 20,5 cm. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa novel Canting karya Fissilmi Hamida banyak mengandung nilai-nilai pendidikan diantaranya: (1) nilai pendidikan sosial (2) nilai pendidikan moral (3) nilai pendidikan religius (4) nilai pendidikan budaya. Kesimpulan dari hasil penelitian novel Canting karya Fissilmi Hamida terdapat seratus dua puluh nilai-nilai pendidikan yang diuraikan melalui cerita dalm novel Canting karya Fissilmi Hamida adalah tentang kehidupan para tokoh, pengabdian, tolong menolong, kekeluargaan, kepedulian, rasa memiliki, disiplin, empati, kerjasama, keadilan, toleransi, bersyukur, penyesalan, rasa percaya diri, saling menghargai, memaafkan, menghargai dan memanfaatkan alam, akidah, syariah, akhlak, simbol dan slogan, serta kepercayaan yang tertanam dari leluhur. Nilai-nilai pendidikan yang dapat dijadikan bahan ajar yaitu nilai pendidikan sosial, moral, religius, dan budaya yang terdapat dalam novel Canting karya Fissilmi Hamida diharapkan dapat dijadikan contoh atau pedoman untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan di masyarakat umum maupun di sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya dan dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang sastra dari generasi ke generasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. H. Refson, M.Pd. 2. Dra. Mulyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan, Novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 30 Aug 2021 04:41
Last Modified: 30 Aug 2021 04:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17104

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.