PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI KELAS X OTKP SMK PEMBINA 1 PALEMBANG

SOTRA FILMA, NIM. 322016009 (2021) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI KELAS X OTKP SMK PEMBINA 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322016009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text
322016009_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Filma, Sotra. 2020. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori dan Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan di Kelas X OTKP SMK Pembina 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Dr. Hj. Herasni Yaman., M.M, (II) Samsilayurni, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Ekspositori, Strategi Pembelajaran Kooperatif, dan Hasil Belajar. Latar belakang penelitian ini yaitu masih ada siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sering kali siswa kurang percaya diri serta kurang bisa bekerja sama dalam memecahkan masalah yang diberikan. Sehingga, hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh strategi pembelajaran ekspositori dan kooperatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan kelas X OTKP SMK Pembina 1 Palembang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran ekspositori dan kooperatif dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan di kelas X OTKP SMK Pembina 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil secara total yang berjumlah 96 siswa yaitu dibagi dua kelas, 48 siswa kelas eksperimen 1 dan 48 siswa kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, soal tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengujian dalam penelitian ini, maka hasil belajar menggunakan strategi pembelajaran ekspositori diperoleh rata-rata 〖 x〗_1= 72,03 dan nilai standar deviasi S1 = 11,62 dan hasil belajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif diperoleh nilai rata-rata 〖 x〗_1= 80,95 dan nilai standar deviasi S1 = 10,84. Kemudian dari analisis data dengan menggunakan statistik uji t diperoleh thitung = -3,891 dan ttabel = 1,98 untuk α= 0,05 dan dk = 94, maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis menunjukkan thitung berada pada daerah penolakan Ho yang artinya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif lebih berpengaruh dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan dikelas X OTKP SMK Pembina 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : (I) Dr. Hj. Herasni Yaman., M.M, (II) Samsilayurni, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Ekspositori, Strategi Pembelajaran Kooperatif, dan Hasil Belajar.
Subjects: Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 May 2021 04:39
Last Modified: 03 May 2021 04:39
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16232

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.