Herli Diana, NIM. 622017025 (2021) PERAN GURU ISMUBA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622017025 BAB I _DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (988kB) | Preview |
|
Text
622017025 BAB II _SAMPAI DENGAN BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
Abstract
Abstrak Herli Diana. 622017025. “Peran Guru Ismuba Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa SMK Muhammadiyah 1 Palembang” Skripsi, Fakultas Agama Islam Jurusan Tarbiyah. Peran seorang guru dalam membentuk karakter Islami sangat diperlukan pada masa ini, untuk memfilterisasi budaya-budaya asing yang kurang baik masuk ke dalam lingkungan siswa, sehingga melahirkan generasi yang taat agama sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Permasalahan skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) bagaimana karakter Islami siswa SMK Muhammadiyah 1 Palembang, 2) bagaimana peran guru ismuba dalam membentuk karakter Islami siswa, 3) faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pembentukan karakter Islami siswa SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskritf analitik, yaitu data yang diperoleh seperti hasil pengamatan, hasil wawancara, hasil pemotretan, analisis dokumen, catatan lapangan. Tidak dituangkan dalam bentuk angka-angka.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; pertama, karakter Islami siswa SMK Muhammadiyah 1 Palembang adalah: sudah Islami, didapati setiap pagi mereka melaksanakan sholat duha dan sholat berjamaah, bertadarus Al-Qur’an sebelum memulai pelajaran. Kedua, peran guru Ismuba dalam membentuk karakter Islami siswa diterapkan dalam bentuk; pembiasaan khususnya dalam beribadah. Ketiga, faktor pendukung internal yaitu; karakter siswa memang sudah ada yang memang bagus dari rumah, lancar membaca Al-Qur’an, dan ada yang sudah hafal sampai 2 juz, sedangkan faktor pendukung eksternal; komitmen dan dukungan orang tua siswa memudahkan guru ismuba membentuk karakter Islami siswa tersebut. Keempat, faktor penghambat internal yaitu; masih ada siswa yang belum lancar membaca Al-Qur’an dan masih malas beribadah, sangat sulit ke masjid dan membaca Al-Qur’an, sedangkan faktor penghambat eksternal; anak berada di lingkungan yang jauh dari kata islami.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing, 1. Dr. Abu Hanifah, M.Hum 2. Dr. H. Sayid Habiburrahman, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: ISMUBA, Karakter Islami, Muhammadiyah. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 05 Jun 2021 04:43 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 04:43 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15582 |
Actions (login required)
View Item |