ANALISIS NILAI SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI BERBASIS ONLINE DI SMA NEGERI 1 DAN SMA NEGERI 2 UNGGULAN TALANG UBI

RISKY AJENG PRIHASTININGTHYAS, NIM. 342016032 (2020) ANALISIS NILAI SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI BERBASIS ONLINE DI SMA NEGERI 1 DAN SMA NEGERI 2 UNGGULAN TALANG UBI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016032_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text
342016032_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)

Abstract

Prihastiningthyas, Risky Ajeng. 2020. Analisis Nilai Semester Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Berbasis online di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Unggulan Talang Ubi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1). Falkutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Aseptianova, M.Pd., (II) Hj. Ade Kartika, M.Si. Kata Kunci: Nilai Semester Genap, Berbasis Online, Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik baik bersifat pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), maupun keterampilan (psikomotor) yang diperoleh melalui proses belajar mengajar. Penilaian hasil belajar dari aspek kognitif dapat dilihat dari nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah dan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis nilai mata pelajaran biologi semester genap peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Unggulan Talang Ubi. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk mencari informasi dan data analisis hasil belajar siswa kelas XI. Sampel penelitian terdiri atas 4 guru, 136 peserta didik SMA Negeri 1 Talang ubi dan 70 peserta didik SMA Negeri 2 Unggulan Talang Ubi. Pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskripsi frekuensi dengan bantuan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian ini diperoleh data sebagai berikut: (1) hasil rata-rata nilai semester genap biologi di SMA Negeri 1 Talang Ubi yaitu 75.56 yang artinya telah mencapai KKM sekolah dan nasional. (2) hasil rata-rata nilai semester genap biologi di SMA Negeri 2 Unggulan Talang Ubi belum mencapai KKM sekolah dan nasional. Hasil ini dapat di sebabakan oleh faktor: 1) metode pembelajaran, 2) banyaknya pertemuan (durasi pembelajaran), 3) jenis soal yang diberikan dari guru. Harapan kedepannya penelitian ini dapat meningkatkan kualitas belajar di masa pandemi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. 2. Hj. Ade Kartika, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Nilai Semester Genap, Berbasis Online, Mata Pelajaran Biologi Kelas XI
Subjects: Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Administrasi Pendidikan > Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:38
Last Modified: 17 Mar 2021 03:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/15014

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.