PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 9 MAKARTI JAYA KABUPATEN BANYUASIN

FATWA NUR INAYAH, NIM. 622016019 (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 9 MAKARTI JAYA KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622016019_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
622016019_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fatwa Nur Inayah (622016019). Skripsi Dengan Judul Penerapan Model Picture And Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam Di SD Negeri 9 Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Model pembelajaran memiliki peranan yang sangat besar dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran juga dapat dijadikan indikator berhasil tidaknya suatu pembelajaran, jika model pembelajran yang digunakan tepat pada proses pembelajaran akan efektif dan efisien sehingga akan berdampak positif bagi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa yang masih rendah pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SD Negeri 9 Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin, khususnya di kelas 5. Pemecahan masalah rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 9 Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin kelas 5 adalah dengan menggunakan model Picture And Picture. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan desain penelitiannya yaitu menggunakan desain Penelitian Tindak Kelas model kemmis & Mc.Tanggart. subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 SD Negeri 9 Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin sebanyak 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Konsep pembelajaran picture and picture menggunakan 2 siklus. 2) pembelajaran kegiatan belajar meningkat dari siklus I dan siklus II hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam menjawab soal yang telah disajikan dalam tes hasil belajar yang diberikan kepad siswa, yakni dari 76,92% menjadi 92,30% sangat baik. Dengan demikian guru berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam di SD Negeri 9 Makarti Jaya kabupaten banyuasin.3) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan Model Picture And Picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam di SD Negeri 9 makarti jaya Kabupaten Banyuasinadalah adanya semangat yang tinggi dari siswa untuk belajar aktif dalam pembelajaran Agama Islam dengan menggunakan Model Picture And Picture selain itu adanya fasilitas media yang kurang tersedia disekolah sehingga menghambat proses kegiatan pelaksanaan pembelajaran. Kata Kunci: Model Picture And Pictur, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Sri Yanti,S.Pd.,M.Pd 2. Dr.Hoirul Amri,M.E.Sy
Uncontrolled Keywords: Model Picture And Picture, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 18 Feb 2021 06:57
Last Modified: 18 Feb 2021 06:57
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14245

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.