Aldita Saputri, NIM. 342015047 (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 MADANG SUKU III OKU TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342015047_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) | Preview |
|
Text
342015047_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
Abstract
ABSTRAK Saputri, Aldita. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Madang Suku III OKU Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd., (II) Hendra, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), hasil belajar Selama ini dalam proses pembelajaran, siswa hanya duduk diam dan cenderung pasif. Hal ini terjadi karena selama ini model pembelajaran yang digunakan di sekolah belum optimal untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 1 Madang Suku III OKU Timur?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided inquiry) terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 1 Madang Suku III OKU Timur. Hipotesis penelitian ini adalah Apakah hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkat di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Madang Suku III OKU Timur. Metode dalam penelitian ini metode eksperimen semu (quasi experimental). Hasil penelitian ini adalah: 1) model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) memberikan peningkatan terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 1 Madang Suku III OKU Timur. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata (mean) tes awal sebesar 43,06 dan tes akhir sebesar 80,00; sedangkan nilai thitung sebesar 25,408 dengan df adalah 35, dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dengan demikian, perhitungan tes awal dan tes akhir siswa kelas X IPA.1 menunjukkan nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05; 2) nilai akhir afektif Pertemuan 2 sebesar 81% (Baik) lebih tinggi dari nilai akhir afektif Pertemuan 1 sebesar 68% (Cukup), sedangkan nilai akhir psikomotorik Pertemuan 2 sebesar 86% (Sangat Baik) lebih tinggi dari nilai akhir Pertemuan 1 sebesar 74% (Cukup). Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) memberikan peningkatan terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 1 Madang Suku III OKU Timur.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | PEMBIMBING : 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. 2. Hendra, S.Pd., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), hasil belajar |
Subjects: | Biologi > Bakteriologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 06:24 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 06:24 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13975 |
Actions (login required)
View Item |