PENGARUH VOLUME SOLVENT DAN BERAT BIJI ALPUKAT (Persea americana mill) TERHADAP YIELD DAN KARAKTERISTIK HASIL EKSTRAKSI MENGGUNAKAN N-HEKSANA

ARY RAHMADY, NIM. 94218003 (2020) PENGARUH VOLUME SOLVENT DAN BERAT BIJI ALPUKAT (Persea americana mill) TERHADAP YIELD DAN KARAKTERISTIK HASIL EKSTRAKSI MENGGUNAKAN N-HEKSANA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
94218003_BAB I_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (593kB)
[img] Text
94218003_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)

Abstract

Biji buah alpukat (Persea americana mill) merupakan sumber limbah biomassa yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Pada bagian biji alpukat mengandung selulosa, hemiselulosa, lignin, lipid, protein. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh berat biji alpukat dan solvent n-heksana terhadap persentase yield minyak biji alpukat dan mengetahui karakteristik persentase FFA, kadar air, impurities, bilangan iodine, bilangan peroksida dan bilangan saponifikasi minyak dari biji alpukat yang dihasilkan dari proses ekstraksi. Metode penelitian ini dilakukan dengan mengestraksi biji alpukat menggunakan soklet ekstraksi dan solvent n-heksana. Hasil penelitian menunjukan variable berat biji alpukat, volume pelarut dan lamanya waktu ekstraksi mempengaruhi peningkatan jumlah minyak biji alpukat yang dihasilkan. Dari penelitian yang dilakukan yield tertinggi dihasilkan dari ekstraksi biji alpukat adalah sebesar 30,15 % pada variabel massa biji 60 gram, waktu ekstraksi 480 menit dan volume pelarut 300 ml. Hasil analisa kualitas minyak biji alpukat terhadap persentase FFA, kadar air, impurities, bilangan iodine, bilangan peroksida dan bilangan saponifikasi telah memenuhi standar SNI. Dan Hasil uji Gas Chromatography menunjukkan bahwa minyak biji alpukat mengandung senyawa asam lemak dan konsentrasi oleic acid adalah yang tertinggi dibandingkan unsur kimia yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing 1 : Eko Ariyanto, S.T., M.Chem.Eng., Ph.D. Pembimbing 2 : Dr. Mardwita,S.T.,M.T., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Alpukat, Ekstrasi, n-heksana
Subjects: Kimia > Teknologi Makanan
Divisions: PPS Teknik Kimia (S2)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 16 Jan 2021 03:11
Last Modified: 16 Jan 2021 03:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13875

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.