Studi Eksperimen Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 1 Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan

Syafitri, NIM. 332016002 (2020) Studi Eksperimen Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 1 Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text
332016002_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan salah satu bidang studi yang ada di semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Seperti halnya dengan pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah banyak mengalami kendala dan hambatan terutama pada pemahaman konsep bentuk aljabar. Pada materi bentuk aljabar sangat tepat untuk diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Masalah dalam penelitian ini adakah pengaruh hasil belajar matematika materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 1 Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian true experimental design bentuk pretest-posttest control group design. Sampel dipilih secara random (acak) dengan memilih dua dari tiga kelas yang ada, satu kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dan satu kelas tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini dimulai dengan pembuatan instrumen kemudian dilanjutkan dengan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Pengumpulan data yang dgunakan dalam dalam penelitian ini adalah instrumen tes tertulis berupa soal yang berbentuk pilihan ganda. Dari perhitungan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) didapat nilai rata-rata (x ̅_1 )=78,46 dan standar deviasi (s_1 )=10,693. Untuk hasil belajar yang tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) didapat nilai rata-rata (x ̅_2 )=56,62 dan standar deviasi (s_2 )=13,348. Kemudian dari hasil analisis data menggunakan uji statistik t diperoleh t_hitung=6,513 , untuk α=5% dan dk=50 didapat t_tabel=1,67591 , jadi t_hitung>t_tabel , maka H_0 ditolak dan H_0 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 1 Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. H. A. Husein Fattah, M.M. 2. Luvi Antari, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: eksperimen, pembelajaran kooperatif tipe TGT dan bentuk aljabar
Subjects: Matematika > Probabilitas dan Matematika Terapan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Jan 2021 00:51
Last Modified: 06 Jan 2021 00:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13854

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.