RANCANG ALAT UNTUK MENGURANGI RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE PAHL AND BEITZ (Studi Kasus UKM Galeri Wong Kito)

Dian Eko Putra, NIM. 152016046 (2020) RANCANG ALAT UNTUK MENGURANGI RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE PAHL AND BEITZ (Studi Kasus UKM Galeri Wong Kito). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152016046_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
152016046_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RANCANG ALAT UNTUK MENGURANGI RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE PAHL AND BEITZ Dian Eko Putra Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Palembang E-mail : dianekoputra386@gmail.com Galeri Wong Kito merupakan Usaha Kecil Menengah yang bergerak dalam produksi kain batik jumputan yang memiliki corak khas penggunaan bahan utama limbah daun gambir dalam proses pewarnaan produknya. Adanya stasiun kerja yang mempunyai tingkat risiko yang tinggi yaitu pada proses pencelupan kain jumputan, yaitu menggunakan panci berisi air yang direbus di atas tungku kemudian selembar kain yang sudah dijumput dimasukkan ke dalam panci tersebut sambil diaduk menggunakan tongkat kayu selama ±70 menit/produksi. Proses tersebut berisiko cidera terkena air/uap panas dari panci dan kelelahan pada saat mengaduk kain. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancang alat pencelup kain jumputan yang lebih aman dan efisien. Perancangan alat dilakukan dengan menggunakan metode Pahl and Beitz. Hasil perancangan menunjukkan bahwa alat yang dikembangkan dapat mengurangi tingkat cidera dan tingkat kelelahan pekerja. Alat pada proses pencelupan kain jumputan dirancang gunanya untuk mengurangi risiko kecelakaan kerja pada proses pencelupan jumputan , alat ini dibuat menggunakan panci Alumunium sebagai bahan dasar pembuatan alat ini , dikarenakan panci Alumunium tahan panas ,kuat, tahan karat,dan lebih murah. Kemudian dibuat suatu alat bantu berupa baling-baling dari Stainless Steel yang gunanya sebagai pengait/tempat meletakkan kain yang akan dicelup. Kata kunci : Alumunium, Gambir, Pahl and Beitz, perancangan alat, Stainless Steel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ibu Rurry Patradhiani, S.T., M.T 2. Ir.A.Ansyori Masruri, M.T
Uncontrolled Keywords: Alumunium, Gambir, Pahl and Beitz, perancangan alat, Stainless Steel.
Subjects: Industri > Alat-alat Rumah Tangga
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:46
Last Modified: 01 Oct 2020 04:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13013

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.